Beranda Bogor Raya RS Permata Dukung Imunisasi Campak dan Rubella

RS Permata Dukung Imunisasi Campak dan Rubella

KESEHATAN: Petugas RS Permata Cibubur memberikan suntikan imunisasi campak dan rubella kepada anak-anak. Ini menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Kesehatan yang mewajibkan masyarakat untuk diimunisasi. Andika/Radar Cibubur/c

CIBUBUR–Campak dan rubella merupakan infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti radang paru, radang otak, diare, kebutaan hingga kematian.

Sedangkan rubella biasanya memiliki gejala lebih ringan, tapi jika terjadi saat kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kabar baiknya, kedua penyakit ini bisa dicegah dengan pemberian vaksin measles rubella (MR).

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mulai memasukkan vaksin MR dalam program imunisasi nasional. Begitu juga yang dilakukan RS Permata Cibubur pada Agustus ini. Program tersebut sudah berlangsung sejak 18 dan 25 Agustus.

Kini sudah ada sekitar 25 anak yang mengikuti imunisasi. “Ada dua periode, untuk September sampai saat ini sudah ada sekitar 15 anak yang terdaftar. Periode dua ini untuk anak di bawah usia sekolah sembilan bulan sampai tujuh tahun,” terang Humas RS Permata Cibubur, Gladis kepada Radar Bogor, kemarin (22/8).

Lanjut dia, ada syarat khusus untuk anak yang mendaftarkan imunisasi. Di antaranya anak dalam kondisi baik, tidak demam, batuk pilek, dan diare. RS Permata juga menggratiskan pendaftaran imunisasi. “Sayangi buah hati Anda dengan imunisasi campak rubella. Kami membukanya secara gratis. Kita sama-sama dukung program pemerintah agar Indonesia bebas campak 2020,” serunya.(dka/c)