Beranda Bogor Raya Barat Utara Saatnya Tumbuhkan Minat Baca

Saatnya Tumbuhkan Minat Baca

Leuwisadeng-Pemuda Karang Taruna Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, beserta Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (Unida), mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) bagi anak-anak usia SD, SMP, SMK maupun yang putus sekolah, belum lama ini.

Sebagai peruwujudan nyata, Tim Pengabdian FKIP Unida secara simbolik memberikan bantuan berupa rak dan buku-buku untuk keperluan TBM yang berlokasi di sekitar kantor Desa Sadeng.

Rencananya, tempat tersebut akan dijadikan mar­kas dari kegiatan TBM. Tapi pada pelaksanaannya, akan dilakukan secara keliling ke tiap-tiap dusun atau RW. Sehingga semua masyarakat, khusus­nya anak sekolah, bisa merasakan manfaatnya.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FKIP Unida, Abdul Kholik mengatakan, masyarakat Desa Sadeng perlu menumbuhkan budaya membaca, sebagai bentuk wajib belajar seumur hidup. ”Hal tersebut dilakukan karena minat baca masyarakat di Indonesia masih minim,” ujarnya.

Dijelaskannya, berdasarkan penelitian Central Connecticut State Univesity, budaya membaca masyarakat Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara. Kemudian diperkuat dengan data survei dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang menyatakan minat membaca kalangan pelajar di luar DKI Jakarta masih rendah. ”Termasuk salah satunya di Kota dan Kabupaten Bogor,” tukasnya.(rur)