Beranda Bogor Raya Bupati Tuntut Transparansi Desa

Bupati Tuntut Transparansi Desa

SIMBOLIS: Bupati Nurhayanti saat meresmikan kantor Desa Cipayung Datar, kemarin.

MEGAMENDUNG-Naiknya anggaran bantuan untuk desa, dimanfaatkan untuk pem­bangunan kantor Desa Cipayung Datar yang langsung diresmikan Bupati Bogor Nurhayanti, kemarin (21/8).

Ia mengatakan, bantuan infras­­truktur murni dari peme­rintah daerah sebesar Rp1,6 miliar. Bangunan pun tam­pak mewah. “Ini harus ditularkan juga kepada desa lain di Kabu­paten Bogor. Kantor desa ini sangat keren,” ujar bupati dalam sambutannya.

Ia mengakui, uang Rp1,6 miliar tersebut baru akan diserahkan pemerintah setelah pembangu­nan selesai. Secara keseluruhan, kata Dia, bangunan tersebut representatif. Dengan begitu, perlu berbanding lurus dengan pelayanan terhadap masyarakat. Ia berharap, infrasruktur lainnya menjadi solusi pemerintah daerah untuk menyelesaikan persoalan infrastruktur.

Ia menegaskan, tranparansi desa harus dilakukan. Di anta­ranya, memampang banner program yang dilaksanakan tahun ini, mulai dari dana desa atau bagi hasil retribusi dan bantuan lainnya.

“Bantuan rumah tidak layak huni dibangun berapa, termasuk irigasi desa jalan lingkungan. Keterbukaan harus dilakukan sehingga seluruh masyarakat mengawal pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa,” pintanya.

Dalam peresmian itu, turut hadir Camat Megamendung Hadijana, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Slamet Mulyadi, dan Kepala Desa Cipayung Datar Cacuh Budiawan yang juga membagi tip agar bisa mewujudkan kantor yang layak. “Kami harus sering komu­nikasi dengan wakil rakyat,” akunya di sela memberi penghar­gaan berupa handphone kepada seluruh RW di wilayahnya.

Ia juga megadang-gadang jargon Pantas, yakni melayani surat keterangan, surat pengantar dan rekomendasi. “Pantas ini dibuat dengan tujuan menutup celah pungli,” tuturnya.(don/c)