25 radar bogor

Kemenangan yang Mahal

BERSITEGANG: Pemain Timnas Indonesia U-22 Hansamu Yama Pranata bersitegang dengan pemain Timor Leste di babak kualifikasi grup B Sea Games XXIX Malaysia di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Malaysia, Minggu (20/8). Hendra Eka/Jawapos
BERSITEGANG: Pemain Timnas Indonesia U-22 Hansamu Yama Pranata bersitegang dengan pemain Timor Leste di babak kualifikasi grup B Sea Games XXIX Malaysia di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Malaysia, Minggu (20/8). Hendra Eka/Jawapos

SELANGOR–Indonesia kembali me­reng­kuh kemenangan dalam laga lanjutan grup B SEA Games 2017. Menghadapi Timor Leste di Stadion Selayang, Selangor, Malaysia, Indonesia menang tipis (1-0) kemarin (20/8).

Namun, kemenangan yang didapatkan kemarin harus dibayar mahal skuad yang berjuluk Garuda Muda. Ini setelah Evan Dimas Darmono, sang metronome di lini tengah Indonesia harus absen di laga keempat melawan Vietnam besok (22/8).

Ini setelah Evan mendapatkan kartu kuning kedua dalam dua laga berturut-turut. Alhasil, dia harus mendapatkan larangan bermain di laga berikutnya.

Situasi itu adalah kerugian besar buat tim asuhan Luis Milla tersebut. Sebab, sepanjang SEA Games kali ini, Evan selalu men­jadi pilihan utama pelatih asal Spanyol itu. Peran arek Suroboyo itu krusial dalam membuat lini tengah Garuda Muda tetap menguasai permainan.

Evan seketika lesu saat ditanya apakah dirinya mendapatkan larangan bermain di laga ketiga. “Harus absen, gak bisa main, tetap semangat saja buat teman-teman,” katanya.

Luis Milla dalam konferensi pers setelah pertandingan mengatakan bahwa timnya harus siap dengan segala kemungkinan di depan. ”Semua pemain sama pentingnya di tim ini. Untuk menggantikan Evan semua pemain harus siap,” katanya.

Milla juga menyoroti penurunan pemain timnya. Salah satu faktornya yakni terkait akumulasi pertandingan. ”Lapangan hari ini juga berbeda dengan di Stadion Shah Alam,” ujarnya. Namun, dirinya mengapresiasi permainan Hansamu Yama dkk yang mampu keluar dari tekanan Timor Leste di menit akhir pertandingan.

Pada laga tersebut, satu gol kemenangan Indonesia diciptakan Marinus Mariyanto Wanewar yang memanfaatkan umpan lambung Septian David Maulana di menit ke-21. Sementara itu, Kim Shinhwang, pelatih Timor Leste juga menyesalkan kisruh di akhir pertandingan.

Pemain Timor Leste bernomor punggung 4, Felipe Oliviera harus diusir wasit Nagor Amir dari Malaysia di injury time keempat babak kedua. “Dia tidak pantas lakukan itu, saya pastikan dia tidak akan main lagi di Timnas,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu. (nap/irr)