Beranda Bogor Raya Belum Semua Hewan Kurban Diperiksa

Belum Semua Hewan Kurban Diperiksa

TELITI: Peternak memeriksa hewan yang akan dijual untuk kurban, kemarin

CIBINONG-Hari Raya Idul Adha sebentar lagi. Para pedagang hewan kurban, seperti sapi dan kambing, sudah menjajakan hewan ternaknya di pinggir-pinggir jalan. Petugas dari Dinas Perika­nan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Bogor pun mulai melaku­kan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Disnakan Kabupaten Bogor, Siti Farikah menuturkan, saat ini sudah dimulai pengecekan oleh tim medis di tiap tempat penjualan hewan kurban. Sehingga, bisa diketahui sehat atau tidaknya hewan kurban tersebut.

“Jika hewan itu sehat maka akan diberikan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH),” ujarnya kepada Radar Bogor.

Setelah diperiksa, kata dua, hewan akan ditandai dengan kalung yang berarti sudah dilakukan pemerik­saan. “Kalungnya berupa benang. Nanti ada identitas di pedagangnya bahwa sudah diperiksa,” tuturnya.

Ia menambahkan, pemeriksaan wajib dilakukan terhadap hewan yang masuk dan keluar. Jika ditemukan hewan sakit, maka pedagang akan diarahkan untuk tidak menjualnya.

“Hewan sehat itu ciri-cirinya cukup umur, tidak cacat, bulunya mulus, dan matanya jernih. Kalau sakit, seperti demam, itu tidak boleh dipotong,” terangnya.
Sementara itu, salah seorang pedagang hewan kurban Jaharudin (35) mengatakan, hewan kurban yang dijualnya belum mendapat pemeriksaan petugas Disnakan. Hal itu karena sapi yang dijualnya baru saja datang.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan petugas cukup mem­bantu. Karena jika ada hewan yang sakit akan segera diberikan perawatan. “Pemeriksaan itu memang sudah rutin. Biasanya menjelang hari raya. Nanti hewan akan terlihat sakit jika kondisinya lemas dan kotorannya cair dan itu akan diobati,” pungkasnya.(rp2)