Beranda Bogor Raya Galakkan Membaca lewat Pos Baca

Galakkan Membaca lewat Pos Baca

PEMBANGUNAN: Pemerintah Desa Bantarkuning membangun pos baca untuk menggalakkan minat membaca di kalangan
masyarakat setempat.

CARIU–Upaya pemerintah Desa ­Bantarkuning menumbuhkan minat membaca masyarakat cukup besar. Itu ditandai dari proyeksi pembangunan pos Baca Radar di Kampung Sadarang Lebak, Desa Bantarkuning.

Bangunan direncanakan bermotif alam ini menggunakan bahan yang didominasi kayu. Pada bagian fondasi, lantai hingga dinding mengunakan kayu sengon dan campuran jati. Kemarin, Pjs Kepala Desa Bantarkuning dan para staf desa mendatangi lokasi proyek yang dipercayakan kepada karang ­taruna desa.

Kepala Desa Bantarkuning, Bakri Hasan menerangkan, proyek ini diinisiatori desa dalam upaya menstimulus para pemuda untuk giat membaca.“Ini langkah kecil kami untuk memajukan desa. Menurut saya, dengan minat membaca bisa membangun bangsa,” tera­ng­nya kepada Radar Bogor.

Selain itu, adanya posko mem­baca juga sebagai alternatif mengatasi kenakalan pemuda. Dengan membaca dan kesibukan mengelola pos yang dulunya dijadikan tongkrongan pemuda, diharapkan dapat menghila­ngkan aktivitas negatif para pemuda.

“Dari nongkrong tidak ber­manfaat, mereka (pemuda, red) mulai disibukkan mengelola pos baca. Sehingga aktivitas negatif bisa dialihkan dengan yang positif,” terangnya. Dia menera­ngkan, selain merehab bangunan, desa juga mengu­payakan pengajuan buku-buku bacaan yang bernilai edukatif.

Mereka akan memperbanyak buku seputar sejarah, ilmu peng­e­tahuan alam, agama, hing­ga novel edukatif dan aga­mis. Pos ini akan diluncurkan pada HUT ke-72 RI mendatang.(azi/c)