25 radar bogor

Dorong Wasit, CR7 Absen Lima Laga

DILARANG BERLAGA: Cristiano Ronaldo berjalan menuju ruang ganti usai mendapat kartu merah dari wasit, saat Real Madrid bertanding melawan Barcelona. REUTERS
DILARANG BERLAGA: Cristiano Ronaldo berjalan menuju ruang ganti usai mendapat kartu merah dari wasit, saat Real Madrid bertanding melawan Barcelona. REUTERS

MADRID–Cristiano Ronaldo menjadi berita panas sejak Senin (14/8) kemarin, setidaknya di Spanyol. Pemain Real Madrid itu kena hukuman lima pertandingan tak boleh tampil.

Sanksi dijatuhkan komisi disiplin RFEF, setelah Ronaldo mendapat kartu merah dan mendorong wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea dalam leg pertama Piala Super Spanyol, melawan Barcelona di Camp Nou, Senin (14/8) dini hari.

Madrid sebagai pemilik pemain mengajukan banding. Marca melansir, El Real akan lebih fokus soal pantas atau tidaknya Ronaldo mendapat kartu kuning kedua yang akhirnya menjadi warna merah. Kartu kuning yang pertama, oke. Ronaldo membuka baju saat selebrasi gol. Tak ada baju dalaman tersisa, otot-otot Ronaldo jelas terlihat.

Namun kartu kuning kedua masih kontroversial. Ronaldo dianggap wasit melakukan diving di kotak penalti Barcelona. Itu terjadi setelah Ronaldo berebut ruang dan bola dengan bek Barca Samuel Umtiti. Ronaldo terjatuh, memang bukan gara-gara Umtiti. Namun bisa dianggap lantaran hilangnya keseimbangan tubuhnya.

Wasit menganggapnya diving dan kartu kuning kedua keluar. Reaksi Ronaldo yang menjadi masalah. Dia jelas-jelas terlihat mendorong wasit. Pelan atau keras, tetap saja mendorong.

Komdis PSSI-nya Spanyol pun menjatuhkan sanksi kepada Ronaldo tak boleh memperkuat Real dalam lima pertandingan domestik. Itu berarti Ronaldo harus absen dalam leg kedua Piala Super Spanyo, Kamis (17/8) dini hari WIB, lalu empat lainnya pada laga pembuka La Liga; melawan Deportivo La Coruna, Valencia, Levante dan Real Sociedad.

Real juga didenda EUR 350 (Rp5,5 juta) dan Ronaldo EUR 800 (Rp12,5 juta). Denda tambahan pun diberikan ke Real sebesar EUR 1400 (Rp22 juta) dan Ronaldo EUR 3005 (Rp47,3 miliar) sesuai dengan Pasal 96 Kode Disiplin RFEF.

Pelatih Real Madarid, Zinedine Zidane mengaku terganggu dengan keputusan pelanggaran yang diberikan kepada Ronaldo. ”Kami akan melihat apakah kami bisa melakukan sesuatu sehingga dia bisa hadir Rabu nanti,” ujarnya seperti dikutip BBC.

Ini juga menjadi kartu merah ke-10 bagi Ronaldo dalam kariernya. “Begitu ditunjukkan kartu merah, kata pemain (Ronaldo) itu mendorong saya dengan ringan sebagai tanda ketidaksetujuannya,” cetus wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea dalam klarifikasinya.(jpnn/dkw)