Beranda Bogor Raya Renungan di Lapas

Renungan di Lapas

Peringatan Hari Pramuka di Lapas Pondok Rajeg, Cibinong

CIBINONG-Hari Pramuka 2017 diperingati dengan cara berbeda. Jika biasanya di bumi perkemahan, kali ini anggota Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor melakukan renungan bersama warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cibinong Pondok Rajeg, Minggu (13/08) malam.

“Kami ada kegiatan renungan sambil nyalakan api unggun dan ulang janji. Pagi ini (kemarin, red), baru akan ada upacara Hari Pramuka di dalam lapas juga,” ujar Kepala Lapas Kelas IIA Cibinong, Anak Agung Gede Krisna.

Menurutnya, ada 40 warga binaan yang bergabung bersama anggota Kwarcab Kabupaten Bogor untuk memperingati rangkaian Hari Pramuka. “Kami juga sekaligus memberikan edukasi serta sosialisasi kepada anggota Pramuka yang hadir,” terangnya.

Menurut Krisna, lapas merupakan tempat bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran hukum. Sehingga, selain untuk dapat menghindari pelanggaran juga dilakukan pembinaan agar ketika kembali ke masyarakat luar bisa lebih baik.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Orang Dewasa(Binawasa) Kwarcab Kabupaten Bogor, Sunandar menambahkan, kegiatan yang dilakukan di dalam lapas baru dilakukan pertama kali, dan lebih memberikan nilai bagi anggota Pramuka.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada 100 anggota Pramuka Kawarcab Kabupaten Bogor yang ikut dalan kegiatan memperingati rangkaian malam Hari Pramuka Nasional.(ded/c)