Beranda Bogor Raya Barat Utara Bukit Teh NirmalaLebih Segar Dibanding Puncak Lebih Segar Dibanding Puncak

Bukit Teh NirmalaLebih Segar Dibanding Puncak Lebih Segar Dibanding Puncak

INDAH: Pemukiman warga di Dusun Malani, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung yang merupakan peninggalan Belanda dengan panorama bukit teh Nirmala.

NANGGUNG–Pedalaman Bogor menyimpan begitu banyak panorama eksotika. Salah satunya bukit teh Nirmala, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung. Hamparan hijaunya daun teh membentang  luas mencapai 971,22 hektare atau sekira 11,8 persen dari total luas Desa Wisata Malasari.

Tidak sekadar pemandangan, udaranya pun membuat napas lega ketimbang kebun teh Puncak, Bogor. Hal itu tak lain karena hamparan kebun teh Nirmala berada pada ketinggian 1.200 sampai 1.900 mdpl. Dan yang paling membuat udara masih enak adalah bebas dari polusi udara karena macet.

”Kalau mau ke sini tidak ada angkutan umum. Harus pakai kendaraan pribadi,” ujar Enjang (56), warga RT 02/04, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, kepada Radar Bogor, kemarin (14/8).   Kawasan kebun teh Nirmala ini pun menjadi destinasi baru bagi warga  . Tidak jarang, banyak yang sengaja datang sekadar berswafoto.

”Banyak yang datang ke sini. Baik dari Jakarta atau dari Kota Bogor,” imbuhnya.

Selain hamparan kebun teh, eksotika panorama di ujung barat Kabupaten Bogor ini pun menyajikan arsitektur kuno. Yakni rumah para pekerja kebun teh di sana. Rumah panggung terbuat dari kayu yang terkenal ada di Dusun Malani. Bangunan tersebut sudah ada sejak zaman Belanda.

”Perkebunan teh Nirmala memang dibangun pada masa penjajahan Belanda,” ujar Ketua RT 02/04 Dusun Malani, Sabri (65) saat ditemui di rumahnya.(all/c)