Beranda Bogor Raya Jokowi Buka Raimunas

Jokowi Buka Raimunas

CIBUBUR-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh kegiatan Raimuna Nasional XI di Bumi Per­ke­mahan Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017.  Presiden bahkan menya­takan akan hadir lebih awal saat pem­bukaan Raimuna pada 14 Agustus, sekaligus mem­peri­ngati Hari Pramuka Ke-56.

Hal itu disampaikan Presi­den Jokowi saat pertemuan de­ngan pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dipimpin Adhyaksa Dault di Istana Merdeka, Kamis (10/8).

Dalam per­temuan tertutup itu, Jokowi meminta Pramuka mem­per­siapkan diri hadapai tan­tangan global. “Saya akan da­tang lebih awal pada 14 Agustus 2017 ke Cibubur. Minta tolong kosongkan jadwal saya pada 14 Agustus,” ujar Jokowi.

Kepada Presiden RI, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menyampaikan, Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka ini dihadiri 15.000 Pramuka usia 17-25 tahun dari 34 pro­vinsi dan 514 kota/ kabupaten se-NKRI.

Kontingen yang sudah hadir di Cibubur saat ini dari Nusa Tenggara Timur, Papua, Aceh, Maluku, dan beberapa daerah lain-lain. “Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Yapen, Papua,” terangnya.

Rai berarti sekelompok orang dan muna adalah daya ke­kuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai ke­ber­hasilan.
“Raimuna berarti seke­­lom­pok orang yang te­ngah berkumpul bersama, dengan se­gala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama,” jelas Adh­yak­sa kepada Presiden Jokowi.

“Peserta Raimuna Nasional XI adalah Pramuka pilihan di daerahnya yang telah lolos seleksi. Mereka jauh-jauh datang dari daerahnya untuk melihat langsung Indonesia dengan indahnya kebhi­ne­kaannya. Menariknya, seluruh panitia Raimuna anak-anak muda yang usianya relatif sama dengan peserta,” tam­bah Adhyaksa.

Diwawancarai terpisah, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Slamet Budi Prayit­no mengatakan, Raimu­na Nasional di Cibubur menga­jarkan kepada 15.000 peserta tentang Pancasila, kebhi­nekaan dengan kegiatan luar ruangan yang menye­nang­kan.(dka/c)