Beranda Bogor Raya Menguak Misteri Arca Manik dan Arca Domas di Megamendung (1) 

Menguak Misteri Arca Manik dan Arca Domas di Megamendung (1) 

TEMPAT PENYIMPANAN: Di sekolah inilah dua batu arca manik dan arca domas disimpan Dede. DONI/RADAR BOGOR

Bumi Tegar Beriman masih banyak menyimpan barang-barang prasejarah. Salah satunya, Arca Manik dan Domas, yang berada di kaki Gunung Pangrango, tepatnya Kampung Pasirmuncang, Desa Sukaresmi, Megamendung. Keberadaan peninggalan zaman megalitikum ini pun menarik perhatian sejumlah peneliti.

Laporan M. Aprian Romadhoni

Dede Abdulloh, kepala MTs Terpadu Yapisa, menyimpan rapat-rapat bebatuan yang diyakininya sebagai peninggalan purbakala di lemari sekolahnya.  Dede tertarik menyimpan batu Arca Manik dan Domas ini karena kental dengan mistisnya. Menurut Dede, kedua batu ini kerap kali mengeluarkan suara seperti nada lagu saat diketuk. Bahkan, Dede percaya jika kedua batu itu dijaga oleh makhluk gaib.

“Saat salah satu guru mengetuk, ada suara yang berbeda, seperti nada lagu,” ungkap Dade kepada Radar Bogor, kemarin (10/8).

Kendati demikian, Dede tidak mengetahui asal muasal batu yang memiliki panjang sekitar satu meter dengan diameter 40 sentimeter ini. Kedua batu itu, terang Dede, ditemukan saat renovasi sekolah pada 1990 silam.

Saat itu, salah satu pekerja mene­mukan dua batu di salah satu ruang kelas. Dede pun meyakini, kedua batu panjang dengan alas datar itu merupakan peninggalan zaman batu. Apalagi, lahan yang saat ini berdiri bangunan sekolah, sebelumnya adalah perkebunan milik bangsa Belanda.

“Saat ditemukan, satu berbentuk lingkaran panjang, satunya lagi pipih seperti balok,” katanya. Dede juga menyebut, kedua batu itu hanya mengeluarkan suara saat diketuk pada malam hari.

Kedua batu itu pun menarik perha­tian banyak orang. Bahkan, tidak sedikit ilmuwan dari Belanda dan negara lain, datang ke sekolahnya hanya untuk melihat dua arca yang menurutnya tidak bisa dipisahkan.

“Ada ilmuwan dari Jerman yang berniat membawa kedua arca ini, tapi saya tidak izinkan,” tandasnya.(c)