Beranda Bogor Raya Pelebaran Bukan Proyek Pemkab

Pelebaran Bukan Proyek Pemkab

PENDATAAN: Satpol PP Kabupaten Bogor saat melayangkan peringatan kepada PKL di sepanjang jalur Puncak, Kabupaten Bogor.

CISARUA–Rencana penertiban dan relokasi PKL di sepanjang jalur Puncak, tidak bisa ditawar lagi. Pemerintah Kabupaten Bogor bahkan sudah menginstruksikan agar seluruh PKL yang mangkal di sepanjang jalur wisata itu segera dibersihkan.

Kendati demikian, rencana pelebaran jalan di kawasan Puncak tidak akan dilakukan Pemkab Bogor, melainkan pemerintah pusat. “Itu adalah program dari pemerintah pusat, bukan kewenangan Pemkab Bogor. Begitu juga dengan anggarannya, bukan dari pemkab,” kata Bupati Bogor Nurhayanti, belum lama ini.

Menurutnya, pelebaran akan dilakukan sepanjang 30 kilometer, mulai dari Ciawi hingga Cisarua. Namun, soal anggaran, Nurhayanti belum mengetahuinya. “Belum tahu persis berapa anggarannya,” terangnya.

Namun, pihaknya tidak akan mengorbankan para PKL yang biasa mengais rezeki di sepanjang jalur tersebut. Pemkab, lanjut dia, berencana akan merelokasi para pedagang yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1.234 orang ini.

Untuk merelokasi pedagang, kata dia, ada tiga titik yang akan dijadikan penampungan, yakni TWM, Gunung Mas dan lahan milik PT Sari Bumi Pakuan. “Untuk lahan di PT Sari Bumi Pakuan masih dalam negosiasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tugu Utara, Asep Ma’Mun Namawi menyebut, negosiasi penggunaan lahan untuk relokasi sebenarnya sudah berlangsung sejak 2014. Ia pun memaparkan, satu titik tempat penampungan harus memiliki luas sekitar lima hingga enam hektare. ”Dari 1.234 PKL, 153 di antaranya berasal dari desa saya,” tandasnya.(don/c)