Beranda Bogor Raya Enam Orang Calhaj Sakit

Enam Orang Calhaj Sakit

MENUNGGU: Para calhaj kloter 43 menunggu pemeriksaan medis dan pendataan ulang sebelum terbang ke Tanah Suci, kemarin

CIBINONG-Para calon jamaah haji (calhaj) kloter 43 Kabupaten Bogor sudah berangkat menuju embarkasi, kemarin (9/8). Sebelum­nya, para calhaj mengikuti prosesi pelepasan di Cibinong.

Ketua Kloter 43, Ade Irawan me­ngatakan, calhaj yang berangkat 410 orang, 201 di antaranya pria dan 209 lagi wanita. Sedangkan yang kondisinya sakit sebanyak enam orang. “Gejala gagal ginjal, stroke, dan diabetes,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk Rabu (9/8) calhaj akan istirahat dulu di embarkasi Bekasi. Selan­jutnya, hari ini (10/8) pagi pembe­rangkatan. “Calhaj yang sakit tetap berangkat, ada yang menggunakan kursi roda,” terangnya.

Tahun ini, kuota haji Kabupaten Bogor sebanyak 3.478 orang. Kepala Seksi Penye­­lenggaran Haji dan Umrah Keme­nag Kabu­paten Bogor, Syamsudin menga­takan, jumlah jamaah haji Kabu­paten Bogor terbanyak di Jawa Barat, apalagi kuota secara nasional dan Kabupaten Bogor kembali normal.

Kepala Kemenag Kabupaten Bogor, Dadang Ramdani menambahkan, dalam melaksanakan ibadah haji tentu tidak sekadar mampu fisik atau material. Melainkan, mampu melaksanakan tertib ibadah hajinya.

“Kami berharap calhaj mengikuti petunjuk yang diberikan penyeleng­gara manasik agar saat melaksanakan ibadah haji nanti tidak mengalami hambatan-hambatan yang berarti,” kata Dadang.(luc)

MENUNGGU: Para calhaj kloter 43 menunggu pemeriksaan medis dan pendataan ulang sebelum terbang ke Tanah Suci, kemarin.