Beranda Bogor Raya Lomba Kebersihan di Kecamatan Cibinong

Lomba Kebersihan di Kecamatan Cibinong

KOMPAK: Tim penilai sedang memeriksa kondisi lingkungan warga, kemarin.

Pemerintah terus berupaya agar masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Salah satunya, melalui perlombaan.

Kemarin (7/8), tim penilai dari kecamatan mendatangi RW 09 Perumahan Bumi Sentosa, Kelurahan Nanggewer Mekar.

“Tiga belas kelurahan dilibatkan. Satu kelurahan diwakili satu RW,” ujar Ketua tim penilai II Keca­matan Cibinong, Siti Astuti kepada Radar Bogor. Menurutnya, tujuan dari perlombaan untuk memotivasi masyarakat akan kebersihan lingkungan. Selain itu, juga salah satu program dari Kecamatan Cibinong dalam kebersihan.

“Programnya itu Kebersihan Mandiri Menuju Cibinong Green and Clean 2018,” kata perempuan yang juga kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibinong ini. Ada beberapa unsur penilaian, antara lain tanaman obat keluarga (toga), lubang biopori, drainase, bank sampah, pena­taan kerapian, dan terutama keterlibatan masyarakat.

“Untuk pengumuman peme­nang dilaksanakan 17 Agustus 2017 di Al Madina sekaligus apel hari kemerdekaan,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Nang­gewer Mekar, Hadiyanto meng­ungkapkan, pemilihan RW 09 karena masyarakatnya telah rutin melaksanakan kebersihan.

“Saya harap, masyarakat di sini bisa ikut andil mendorong program Green and Clean Kecamatan Cibinong 2018,” tandasnya.

Ketua RW 09, Bambang Iriyanto berharap, bisa menjadi bahan introspeksi masyarakatnya dalam mengelola lingkungan. “Menang kalah itu relatif, tetapi ini bisa menjadi bahan peningkatan. Jika sudah baik akan ditingkatkan dan jika kurang maka akan ditambahkan,” pungkasnya.(rp2/c)