Beranda Bogor Raya Jangan Asal Beri Sumbangan

Jangan Asal Beri Sumbangan

BERTAMBAH: Terus bertambahnya pengemis di jalan raya membuat resah masyarakat

CIBINONG–Maraknya pengemis dan peminta sumbangan di kawasan Cibinong, mulai dikeluhkan masyarakat. Salah satunya Rita Syarif (40), warga Kelurahan Nanggewer Mekar. Menurutnya, bukan tidak ingin memberi tetapi lebih baik disalurkan kepada yang tepat. “Kalau dikasih itu tidak mendidik. Bisa jadi, mereka datang lagi,” keluhnya kepada Radar Bogor, kemarin (7/8).

Ia berharap, ada spanduk atau baliho peringatan bahwa yang memberikan bisa dikenakan sanksi. Menanggapi hal tersebut, Kabid Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dian Mulyadiansyah menuturkan, telah berupaya mengimbau masyarakat agar tidak memberi kepada pengemis atau peminta sumbangan yang tak jelas.
Lebih lanjut ia mengatakan, jika masyarakat tidak memberi maka tidak akan ada pengemis.

Jika membutuhkan bantuan, Dian meminta agar datang ke Dinsos. Misal, untuk panti, maka Dinsos akan memberikan rekomendasi.

Lebih lanjut Dian mengungkapkan, penindakan masalah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), tidak cukup dilakukan sekali dua kali. “Ketika satu kelompok ditertibkan, maka bisa jadi hari selanjutnya akan tumbuh kembali yang lain,” tuturnya.

Namun jika ada rutinitas pengawasan dan penertiban dari SKPD terpadu, maka perlahan atau minimal dapat mengurangi keberadaannya.

“Saat ini memang belum maksimal. Mudah-mudahan 2018 minimal Cibinong Raya terbebas dari anjal dan PMKS. Tugas kami hanya mengimbau dan membina. Pasca penertiban adalah kewenangan kami,” pungkasnya. (rp2/c)