Beranda Bogor Raya Tiga Desa di Cariu Taat Pajak

Tiga Desa di Cariu Taat Pajak

Azis/Radar Bogor/c PELANGGARAN: Selain membuat kumuh, menjamurnya PKL di sekitar Pasar Citeureup telah mengancam keberlangsungan pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Tohaga.

CARIU–Beberapa desa di Keca­matan Cariu tercatat men­jadi desa sadar pajak terbaik. Antara lain, Desa Babakan Ra­den, Desa Sukaharja, dan Desa Tegalpanjang. Prestasi itu tak terlepas dari peran pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Babakan Raden, Misja Wijaya, mengaku tak bosan mengingatkan warganya mem­bayar pajak. Menurutnya, perolehan pajak yang tinggi akan berimbas positif buat pembangunan desa.

“Warga harus tahu, dengan rutin membayar pajak, manfaat­nya akan sangat terasa buat desa,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Meski bukan men­jadi tang­gung jawabnya, Misja terus memotivasi dan membantu petugas lapangan desa (PLD) dalam menjalankan tugasnya mengumpulkan pajak.

“Kalau ada masalah yang mengharuskan saya turun, maka segera turun membantu,” te­rangnya. Kata dia, akhir Agustus ini, Bappenda Kabu­paten Bogor menargetkan raihan pajak PBB Rp380 miliar.

Kasubid Penagihan dan Pen­dapatan Bappenda Kabupaten Bogor, Bambang Sudjana men­jelas­kan, yang berhasil mengumpulkan tagihan pajak terbanyak akan mendapatkan peng­hargaan.

Hadiah itu diberikan sebagai upaya memotivasi petugas agar terus semangat mengumpulkan pajak. “Petugas PLD terus kami pantau dan bantu agar lebih pro­duktif memperoleh pajak,” tuturnya.(azi/c)