25 radar bogor

Kota Ramah Lansia Jangan Hanya Seremonial

SENAM SEHAT: Para lansia mengikuti senam sehat yang dilaksanakan di Lapangan Biotek, Balitro Cimanggu, Sabtu (5/8).
SENAM SEHAT: Para lansia mengikuti senam sehat yang dilaksanakan di Lapangan Biotek, Balitro Cimanggu, Sabtu (5/8).

BOGOR–Memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) 2017 yang dimeriahkan setiap tanggal 29 Mei, Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Bogor mencanangkan Kota Bogor Ramah Lansia. Pencanangan tersebut secara simbolis dilakukan dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Kota Bogor Ramah Lansia oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dalam gelaran Gebyar Lansia di Lapangan Biotek, Balitro Cimanggu, Sabtu (5/8).

“Pencanganan ini sebenarnya sudah disuarakan sejak 2009 lalu, namun baru hari ini kami bisa meminta Kang Bima untuk tanda tangan,” ujar Ketua LLI Kota Bogor Aisyah Wan Genie.

Ia menuturkan, piagam yang sudah ditandatangani wali kota ini nantinya akan diperbanyak untuk kemudian disebar ke semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Hal tersebut bertujuan agar setiap OPD dalam membuat program ataupun kebijakan tidak melupakan lansia. “Kami ingin pemkot meningkatkan sinergitas program di lintas instansi yang pro kepada Kota Bogor Ramah Lansia,” katanya.

Ia memahami pemkot memiliki keterbatasan dengan anggaran. Meski begitu, lanjut Aisyah, pemerintah bisa melakukannya dari hal yang paling kecil. Semisal dengan menyediakan tempat antre khusus lansia, menyediakan pegangan besi di dalam toilet agar lansia tidak terpeleset, serta toilet duduk. “Itu kan tidak mahal, yang terpenting komitmen dari pemerintahnya,” terangnya.

Tidak hanya itu, mantan kepala Dinas Kesehatan ini turut menyampaikan permintaannya kepada pemkot untuk membangun sebuah Taman Lansia sebagai kado kepada lansia di Kota Bogor. Menurutnya, taman tersebut bisa menjadi tempat lansia dalam berinteraksi sosial. Pasalnya, lansia sangat rawan dengan kesepian. “Taman yang ada tempat duduknya, di mana para lansia bisa saling berkumpul tidak hanya melulu mengasuh cucu,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya langsung menanggapi permintaan terkait taman. Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Kota Bogor tersebut menyampaikan rencananya tahun ini akan dibuat Taman Lansia di Malabar. “Insyaallah tahun ini akan dibangun Taman Lansia di Taman Malabar,” tandasnya. (wil/c)