25 radar bogor

Kopi Bogor Enak!

Sofyan/ Radar Bogor ANTUSIAS: Warga mencoba kopi saat kegiatan Cupping Coffee di Cibinong City Mall (CCM), kemarin (6/8).
Sofyan/ Radar Bogor
ANTUSIAS: Warga mencoba kopi saat kegiatan Cupping Coffee di Cibinong City Mall (CCM), kemarin (6/8).

CIBINONG–Indonesia kaya cita rasa kopinya. Dari Sabang hingga Merauke, memiliki aroma maupun rasa yang berbeda. Pada masa Kolonial, di Eropa bahkan ada kamus yang mengatakan bahwa Java berarti kopi, bukan Jawa.

Karena penduduk Eropa melihat kata Java identik dengan kopi. Hingga terdapat istilah cup of Java bukan cup of coffee. Hal tersebut menjadi dasar Festival Merah Putih (FMP) 2017 menye­lenggarakan Cupping Coffee di Cibinong City Mall (CCM), kemarin (6/8).

Perwakilan panitia FMP 2017, Mahendra Kusuma menuturkan, Indonesia memiliki kopi yang sangat bagus. Sehingga pihaknya ingin mengajak kembali untuk menjadikan kopi Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri, salah satunya Bogor.

“Bogor tidak terlalu terkenal dengan kopi. Tetapi setelah digali ternyata ada produksi kopi yang enak,” ujarnya kepada Radar Bogor. Ia melanjutkan, Cupping Coffee adalah uji cita rasa. Ada empat kopi yang diujikan, di antaranya kopi Sukaraja Bogor, kopi Lendong Bogor, kopi Gayo Aceh dan kopi Kintamani Bali.

Dari keempat kopi tersebut, satu di antaranya jenis robusta, yakni kopi Lendong. “Kami menguji hasil kopi seperti apa rasanya. Adanya kopi Gayo dan Kintamani adalah sebagai pembanding dengan kopi yang ada di Bogor,” tuturnya.

Selain memperkenalkan kopi yang ada di Bogor, kegiatan tersebut juga memberikan informasi seputar kopi kepada para pengunjung yang hadir sambil mencicipi kopi yang diberikan secara gratis. Sehingga, masyarakat dapat memahami bahwa kopi tidak melulu dicampur gula.

“Karena kopi jika diminum tanpa gula pun rasanya bukan hanya pahit, tetapi ada juga yang asam, bahkan rasa vanila atau lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Depok, Siswanto (39) mengatakan, kopi Suka­mak­mur sangat enak. Bahkan, tanpa gula pun rasa Arabica-nya sudah terasa dan pas sekali. (rp2/c)