Beranda Bogor Raya Ratusan Warga Pakai Materai Palsu

Ratusan Warga Pakai Materai Palsu

PAKAI MATERAI PALSU: Petugas pelayanan Kantor Desa Pasir Jaya mengembalikan dokumen akta kelahiran yang bermaterai palsu, kemarin.

CIGOMBONG–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor menemukan ratusan materai palsu saat pembuatan dokumen akta kelahiran di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, kemarin.

Hal itu terungkap saat Disdukcapil Kabupaten Bogor melakukan pelayanan keliling. Akibatnya, ratusan dokumen warga terpaksa dikembalikan petugas untuk mengganti dengan materai yang asli.

Kasi Pelayanan Catatan Sipil dan Kematian pada Disdukcapil Kabupaten Bogor, Sumarno mengatakan, selain ada kesalahan, instansinya mengembalikan data yang menggunakan materai palsu. ”Ini adalah syarat hukum sehingga harus asli. Kalau materai palsu ini kami tidak bisa menyalahkan warga,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Penemuan materai palsu ini bukan kali pertama. Sumarno mengaku, hampir setiap pelayanan di setiap desa terjadi kasus yang sama. Rata-rata, dipasok ke warung-warung kecil.

”Seperti di Parungpanjang sampai Jasinga. Di sana (materai) palsu, sampai polisi turun tangan. Berdasarkan data kami, sebanyak 772 akta kelahiran terdaftar di Desa Pasir Jaya. Pembuatan dibagi dua gelombang yakni pada 3 Agustus sebanyak 400 lembar. Sisanya, 372 lembar dibuat hari ini (kemarin, red),” terangnya.

Salah satu warga, Siti Nuraeni (34) mengaku tidak mengetahui materai yang digunakannya palsu. Sebab, ada seseorang yang datang ke rumahnya.

Terpisah, Kapolsek Cijeruk Kompol Saeffudin Ibrahim mengatakan, ada dugaan sindikat pemalsuan materai.

”Kepolisian bersama disdukcapil akan menyosialisasikan kepada warga agar tidak membeli materai palsu. Bisa beli yang asli di kantor pos terdekat,” ucapnya.(don/c)