Beranda Bogor Raya Terintegrasi dengan Angkutan Massal

Terintegrasi dengan Angkutan Massal

CIBUBUR–Belakangan, hunian berkonsep transit oriented development (TOD) ramai diperbincangkan. TOD merupakan program pengembangan kawasan properti memaksimalkan fungsi transportasi massal, seperti commuter line, MRT, dan LRT.

Bukan hanya transportasi massal, konsep TOD juga memfasilitasi jalan untuk pejalan kaki dan sepeda. Konsep ini sebelumnya sudah banyak diterapkan di Jepang, Amerika, Korea Selatan, dan Hongkong. Beberapa pengembang di kawasan Cibubur pun kini sudah mulai menerapkan konsep tersebut.
Pengamat properti Cibubur, Robin B Hood menjel­askan, di Indonesia, konsep ini diramalkan akan menjadi primadona paling dicari di masa depan. Apalagi pemerintah kini tengah gencar-gencarnya membangun infrastruktur.

Menurutnya, tak heran kalau kini para pengembang di kawasan Cibubur mulai berlomba-lomba membangun hunian dengan konsep TOD. “Yang pertama pastinya lebih murah. Semakin sempitnya lahan di ibu kota membuat harga tanah semakin mencekik,” terangnya.

“Makanya, banyak pengembang menyasar kawasan pinggiran Jakarta, seperti Serpong, Cibubur, Karawang, dan Cikarang untuk membangun hunian TOD,” ujarnya kepada Radar Cibubur, kemarin (2/8).

Secara tak langsung, sambung Robin, ini juga berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan. Dan dengan harga mulai dari Rp200 jutaan, maka konsumen sudah bisa mendapatkan hunian berkonsep TOD.

“Selain murah, banyaknya pengembang yang memilih membangun hunian di pinggir Jakarta, sekaligus mendukung pemerintah dalam program pemerataan pembangunan. Dengan begitu pembangunan tidak hanya terpusat di Jakarta,” sambungnya.

Lalu, hunian berkonsep TOD lebih praktis dan bebas macet. Konsep hunian terintegrasi dengan transportasi massal sedikit banyak bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi.

“Pemilik yang tinggal di hunian TOD tidak akan dipusingkan dengan urusan transportasi. Istimewanya, semua pilihan transportasi dijamin bebas macet, seperti commuter line, MRT, dan LRT yang saat ini masih dalam tahap pembangunan,” jelasnya.

Seperti diketahui, wilayah Cibubur sedang gencar–gencarnya membuat kawasan dengan konsep TOD. Seperti Trans Park Cibubur, Kaliana Apartement, Citra Land Cibubur, dan banyak lagi yang lainnya sudah menerapkan konsep hunian TOD.(dka/c)