Beranda Bogor Raya Mengenal Lebih Dekat Komunitas BBC

Mengenal Lebih Dekat Komunitas BBC

Andika/Radar Cibubur/c
KOMUNITAS: Anggota Big Brothers Community (BBC) saat kopdar, belum lama ini di Cibubur.

Banyaknya jenis kendaraan roda empat di Indonesia, bukan jadi batasan untuk berkreasi dan berinovasi di dalam suatu wadah komunitas. Justru, eksistensi suatu komunitas bisa dihadirkan lewat kekayaan perbedaan di dalamnya. Seperti yang menjadi visi BBC.

Big Brothers Community (BBC), meru­pa­kan komunitas pertama di Indonesia yang tidak mengenal satu merek, satu tipe, maupun satu warna mobil. Intinya, apa pun merek, tipe, dan warna mobilnya, BBC komunitasnya.

“BBC berdiri sejak Januari 2015. Saat itu baru sebelas orang founders dan dideklarasikan pada 15 April 2015 di restoran Bebek Bali, Lippo Cikarang. Setelah sebelumnya kami sahkan melalui akta notaris,” ujar Ketua Umum BBC, Joshua Saputra kepada Radar Cibubur, kemarin (2/8).

wisuda unpak bogor

Lanjut Joshua, alasan mereka mem­bentuk komunitas BBC tidak lain agar bisa mendapatkan saudara dan sahabat lain di kota-kota di Indonesia. Menjalin tali silaturahmi sesama member BBC maupun komunitas lain dan saling memberikan info bermanfaat seputar otomotif di Indonesia.

“Total anggota sekarang ada 345 orang tersebar di beberapa kota dan akan terus bertambah. Ada beberapa regional, seperti Regional Batavia, Regi­onal Bacassie, Regional Ciayumajakuning Pelat E, Regional Palembang Pelat BG, Regional Lampung Pelat BE, Regional Medan, Regional Jogyakarta, dan Regional Lombok,” urainya.

Yang lebih menarik, BBC selalu mengadakan kopi darat (kopdar) dengan cara berkeliling. Atau mereka menamai dengan Kopling alias kopdar keliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kopling mereka biasa diisi dengan agenda-agenda serta program kerja di regional maupun nasional. Selain membahas agenda, BBC juga ingin silaturahmi antar-anggota tetap terjaga dengan baik. “Kadang kopdar temu kangen dengan member lama dan baru. Kami juga pernah mengadakan service bareng di Metropolitan Mall Cileungsi dalam rangka mudik bareng lintas komunitas,” terangnya.

Joshua berharap, BBC bisa menjadi contoh bagi komunitas lain di Indonesia. Bahwa, bersama tidak harus sama. “Kita boleh berbeda, tapi tetap dalam kesatuan dan kebersamaan. Singkirkan setiap perbedaan karena kita percaya perbedaan pasti ada kebaikan di dalamnya,” pesannya.(dka/c)