25 radar bogor

Lepas 250 Ribu Benih Ikan

BAGI BENIH IKAN: Wali Kota Bogor Bima Arya melepas 250 ribu benih ikan di Situ Gede, kemarin (2/8).
BAGI BENIH IKAN: Wali Kota Bogor Bima Arya melepas 250 ribu benih ikan di Situ Gede, kemarin (2/8).

BOGOR–Ratusan ribu benih ikan konsumsi ditebar di perairan umum Situ Gede, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, kemarin (2/8). Setidaknya, ada dua jenis ikan yang ditebar Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor, yaitu ikan nila dan nilem.

Pelepasan benih ikan konsumsi di Situ Gede ini, seperti dijelaskan Kepala Distan Kota Bogor Irwan Rianto, merupakan program dari Distan Kota Bogor yang bekerja sama dengan Balai Benih Cianjur.

“Kita menebar sebanyak 250 ribu benih ikan khusus untuk di sini (Situ Gede, red), jumlah benih sebanyak itu untuk dua jenis ikan. Nila dan nilem. Program ini akan dilaksanakan kembali nanti, tinggal menunggu waktu yang tepat saja,” terang Irwan.

Selain di Situ Gede, kata Irwan, rencananya, Distan Kota Bogor masih dengan Balai Benih Cianjur juga akan menebar benih kembali di dua sungai utama Kota Bogor. Yaitu di Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane. “Berdasarkan informasi dari mereka (Balai Benih Cianjur, red), nanti rencananya akan ditebar sebanyak 1 juta benih ikan. Tapi, untuk jenisnya nanti tergantung dari mereka,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan harapannya agar banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pelepasan ratusan ribu benih ikan tersebut.

“Insyaallah manfaatnya akan banyak, terutama untuk menjaga ekosistem di Situ Gede, juga untuk konsumsi dan kesejah­teraan warga di sini. Dan ke depannya nanti akan disebar juga di wilayah yang lain,” kata Bima.(wil/c)