Beranda Bogor Ekspres Sasar Komoditi Pertanian Unggulan

Sasar Komoditi Pertanian Unggulan

CIJERUK–Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Bogor melakukan road show ke Kecamatan Cijeruk, Caringin, Cigombong, dan Tamansari. Tujuannya, untuk mengevaluasi komoditi unggulan di setiap wilayah.

Kabid Ekonomi BP4D Kabupaten Bogor Wawan Haryono mengatakan, pihaknya sudah mengadakan road show di setiap kecamatan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tanaman tersebut.

”Beberapa komoditi unggulan seperti nanas, jambu kristal, talas, dan tanaman hias untuk mengetahui perkembangan sejauh mana (keunggulan komoditi, red) masing-masing kecamatan,” jelasnya.

universitas nusa bangsa unb

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan untuk 2019 nanti. Para petani perlu memahami kondisi komoditi yang mereka miliki.

”Road show ini hanya satu hari di setiap zona. Saya harap, para petani pun bisa memahami perkembangan dan kondisi komoditnya agar terpantau terus,” imbuh Wawan.

Sementara itu, salah satu petani nanas di Kecamatan Cijeruk, Baehaki (53) menuturkan, adanya road show ini bisa membantu kebutuhan petani di tingkat bawah.

”Minimal kami bisa terbantu, karena masalah yang sering dihadapi petani tentang permodalan dan manajemen pemasaran yang minim,” tukasnya.(nal/c)