Beranda Bogor Raya Penghuni RTLH Berharap Bantuan

Penghuni RTLH Berharap Bantuan

CIBUBUR–Meski termasuk kota metropolis, Kota Bekasi masih sering ditemukan rumah tidak layak huni (RTLH). Salah satunya di Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medansatria.

Lurah Harapan Mulya, Rena Nurwangian­ten mengatakan, rehabilitasi RTLH yang diberikan pemerintah di wilayahnya tahun ini sudah mencapai 40 persen. Ada sepuluh rumah masuk spesifikasi bantuan.

“Tahun ini sudah 40 persen renovasinya. Kami juga punya kriteria rumah-rumah yang memang pantas dapatkan renovasi. Di mana, 70 persen tak layak huni, seperti gentengnya rusak, fondasinya sudah tidak kuat, dan masih banyak kriteria lainnya,” ucapnya.

universitas nusa bangsa unb

Meski begitu, secara merata di setiap RT masih banyak warganya yang membutuhkan bantuan. Seperti Maymunah (50), warga Jalan Pintu Air ini berharap dapat bantuan renovasi rumah.

Perempuan yang bekerja sebagai peda­gang ini berharap dapat program dari pemerintah ini. Bekerja sebagai pedagang tidak membuatnya bisa merenovasi rumah. Sebab, dengan pendapatan Rp30 ribu per hari tidak menutup untuk biaya pangan.

Menurutnya, kondisi rumahnya sangat tidak layak. Atap yang bocor, beberapa gen­teng sudah hilang dan fondasi bangu­nannya sudah reot. “Saya berharap tahun ini dapat bantuan dari pemerintah. Pada­hal, rumah saya sudah sepuluh kali difoto-foto dari tahun kemarin, tapi sampai sekarang belum juga direnovasi,” tandasnya.(dyt)