Beranda Bogor Raya Kemeriahan Festival Merah Putih di Kabupaten Bogor

Kemeriahan Festival Merah Putih di Kabupaten Bogor

(Sofyan/ Radar BOgor)
KOMPAK: Muspida dan panitia Festival Merah Putih saat akan memasang umbul-umbul, kemarin.

CIBINONG – Umbul-umbul dan bendera merah putih mulai dipasang di wilayah Kota Bogor, Senin (31/7) malam. Kegiatan yang sama juga mulai dilakukan Umbul-umbul dan bendera merah putih mulai dipasang di wilayah Kota Bogor, Senin (31/7) malam. Kegiatan yang sama juga mulai dilakukan di Kabupaten Bogor, kemarin (1/8).

Mewakili panitia Festival Merah Putih (FMP) 2, Mahendra Kusuma mengatakan, sebanyak 7.000 umbul-umbul bendera merah putih akan difokuskan di Cibinong. Di antaranya di sepanjang Jalan Tegar Beriman, Jalan Stadion Pakansari, jalan menuju Kandang Roda, dan menuju perbatasan Kota Bogor. “Pemasangan bersama Muspida Kabupaten Bogor,” ujarnya kepada Radar Bogor.’Lebih lanjut ia mengatakan, rencana­nya pemasangan umbul-umbul akan dilakukan selama satu minggu. Namun, ada kemungkinan lebih cepat. Sebab, akan ada bantuan juga dari Pramuka dan aparat setempat. “Hari ini (kemarin,red) sekitar 1.000 umbul-umbul dan bendera. Selanjut­nya mungkin lebih banyak karena ada bantuan pemasangan juga dari Pramuka dan aparat setempat,” tuturnya.

Setelah semua terpasang, maka tinggal menjaga agar bendera tidak rusak hingga peringatan Hari Kemer­dekaan Indonesia tiba. Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menggalang kebersamaan dalam keberagaman. “Sesuai dengan taglinenya, yakni Merah Putihku Satukan Kebhine­kaan. Jadi, kita sama-sama memasang bendera dan partisipasi masyarakat menjaga dan memelihara,” tukasnya.

universitas nusa bangsa unb

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah menuturkan, tahun ini Kota dan Kabupaten Bogor membuat kegiatan yang sama bernama Festival Merah Putih.

Bupati Bogor juga telah menginstruk­sikan di setiap kecamatan dan desa memasang umbul-umbul merah putih yang sama agar turut memeriahkan. “Kami ingin juga partisipasi dari masyarakat dengan sukarela memasang umbul-umbul merah putih juga, atau mungkin dari pengusaha untuk berkontribusi agar di sepanjang jalan utama Kabupaten Bogor terpasang umbul-umbul,” terangnya.

Tujuan dari pemasangan umbul-umbul tersebut, bukan sekadar memperingati kemerdekaan tetapi ingin menumbuhkan rasa kebanggaan, fanatisme terhadap lambang negara, dan kebanggaan kepada negara Indonesia.

Selain itu, mengingatkan kembali kebhinekaan dan persatuan dengan masyarakat. Sekadar diketahui, kegiatan lain dalam Festival Merah Putih di antara­nya cupping coffee setiap Sabtu dan Minggu pukul 13.00-16.00 selama Agustus di CCM, pameran gambar sketsa dan gambar ilustrasi mulai 1-17 Agustus di CCM, sosialisasi dan pameran BNN, tanggal 1-27 Agustus di CCM serta muspida battle cooking pada 26 Agustus di CCM. (rp2/c)