Beranda Bogor Raya Akhir 2017, LRT Beroperasi

Akhir 2017, LRT Beroperasi

Andika/Radar Cibubur/c
INFRASTRUKTUR: Pembangunan proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) memasuki tahap konstruksi.

CIBUBUR–Pembangunan proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) seksi pertama saat ini tengah memasuki tahap konstruksi. Pengerjaannya pun terus dikebut.

Pada tahap pertama, lintasan LRT yang didahulukan pembangunannya antara lain layanan Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas, dan Bekasi Timur-Cawang. Kontraktor proyek LRT Jabodebek PT Adhi Karya (Persero) menjadwalkan jalur LRT Cibubur-Cawang dapat mulai beroperasi pada akhir 2017.

Sementara untuk layanan Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh Atas bisa beroperasi 2018. Salah seorang pekerja proyek yang ditemui Radar Cibubur, Andi Rosandi menjelaskan, setelah mulai beroperasi penumpang dari arah Cibubur atau Bekasi Timur bisa menuju Dukuh Atas melewati Stasiun Central Cawang.

Nantinya dari Stasiun Cawang, LRT selanjutnya akan melalui jalan MT Haryono, lalu berbelok di persimpangan Kuningan, kemudian melewati Jalan Rasuna Said, hingga berakhir di Stasiun Dukuh Atas.

“Yang dari Cibubur sama Bekasi akan ketemu di Cawang. Dari Cawang LRT lewat sini (MT Haryono) terus sampai lampu merah Kuningan belok kanan ke Rasuna Said, sampai ke Dukuh Atas,” ujarnya kepada Radar Cibubur ditemui di lokasi proyek dekat Gerbang Tol Cibubur.

Setidaknya akan ada 21 stasiun yang diba­ngun pada LRT tahap pertama. Pan­jang lintasan yang melayani tiga rute itu diper­kirakan mencapai 42,1 kilometer.(dka/c)