Beranda Bogor Raya Barat Utara Ada Tugu Kujang di Lanud ATS

Ada Tugu Kujang di Lanud ATS

KUJANG MINI: Bupati Bogor Nurhayanti, Danlanud ATS Marsma TNI Irwan Is. Dunggio (keempat dai kiri), Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi (batik kuning), kapolres Bogor, dandim, dan para pejabat Lanud ATS foto bersama di Tugu Lanud ATS, Sabtu (29/7).

KEMANG–Tugu Kujang tak hanya terdapat di pertigaan Jalan Raya Pajajaran-Otto Iskandar Dinata (Otista) Kota Bogor saja.

Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, juga punya monumen berupa senjata khas Kerajaan Pajajaran pada masa lampau tersebut. Bertempat di pintu masuk kawasan Lanud Atang Sendjaja (ATS), Tugu Kujang berukuran mini itu dipasang.

Ada faktor sejarah yang melatarbelakangi pendiriannya. Pemasangan kujang yang dibangun pada 4 Mei 1982 silam itu, menggunakan helikopter TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 8 Lanud ATS.

universitas pakuan unpak

Pembuatan Tugu Lanud ATS yang menyerupai Tugu Kujang tersebut juga menunjukkan bahwa Jawa Barat, khususnya Kota dan Kabupaten Bogor, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Lanud ATS.

”Kehadiran Tugu Lanud ATS berdampingan dengan Tugu Helikopter, memberikan gambaran tentang tampilan baru yang dapat dirasakan ketika memasuki wilayah Lanud ATS,” ujar Danlanud ATS Marsma TNI Irwan Is. Dunggio.

Ditambahkannya, keberadaan Tugu Lanud ATS dengan model yang begitu bagus, menggambarkan adanya kreativitas seni yang tinggi, yang dijabarkan Kepala Dinas Logistik Kolonel Tek Hendrison Syafril beserta jajarannya dalam sebuah karya seni yang indah.

Bupati Bogor Nurhayanti dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi beserta unsur muspida pun, menyempatkan diri menikmati nuansa keindahan Tugu Lanud ATS usai mengikuti upacara Hari Bakti ke-70 TNI Angkatan Udara, sekaligus peresmian gedung VVIP Kencana I di Lanud ATS, Sabtu (29/7) akhir pekan lalu.(*/rur)