Beranda Bogor Raya Menggapai Rupiah dengan Laundry

Menggapai Rupiah dengan Laundry

MENJANJIKAN: Para peserta pelatihan bisnis laundry berfoto bersama usai acara.

CIAWI–Bisnis laundry atau jasa mencuci pakaian menjadi salah satu peluang yang dilirik para pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain menjanjikan, diyakini para pelakunya sebagai kebutuhan primer masyarakat.

Untuk mempersiapkan usaha tersebut, dilakukan pelatihan yang dihadiri puluhan peserta se-Jabodetabek di Villa Raka, Kampung Pasir angin, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, 29-30 Juli lalu.

Pelatihan bertema ’Marketing Laundry Dahsyat Bersama ER10’ tersebut, diisi banyak penggiat laundry di Indonesia. Seperti Erwin J Andrian, founder sekaligus CEO ER10. “Traning ini untuk memantapkan pengetahuan pengusaha laundry. Mulai dari serat kain, asal-usul noda, dan semua tentang laundry,” ujarnya kepada Radar Bogor.

universitas-nusa-bangsa

Selain itu, lanjut Erwin, peserta juga menyiapkan taktik marketing laundry. Mulai dari branding sampai bagaimana memasarkan produk jasa laundry yang menarik. ”Usaha ini memiliki profit yang bagus. Karena jika menarik dan pelayanannya baik, akan diminati masyarakat,” imbuhnya.

Pelatihan itu juga dihadiri owner pusatmesinlaundry.com, Lukmanul Hakim. Sebagai penjual mesin laundry, ia juga menjelaskan mesin dan pengelolaan limbah laundry. ”Usaha laundry perlu mesin khusus, tak bisa pakai yang seperti di rumah. Sebab, waktu pemakaiannya lebih panjang sehingga perlu mesin bertenaga kuda,” ungkapnya.(don/b)