Beranda Bogor Raya Kisah Ketua Umum Fokuswanda, Endang Syarwan

Kisah Ketua Umum Fokuswanda, Endang Syarwan


PEDULI SOSIAL: Endang Syarwan (ketiga dari kiri) foto bersama rekan-rekannya saat menghadiri salah satu kegiatan Fokuswanda.

Sejak usianya menginjak 25 tahun, Endang mulai rutin dan concern terhadap donor darah. Bisa dibilang, Endang menjadi ‘ratu’ donor darah saat ini dengan seratus kali donor darah. Kini, Endang pun menjabat Ketua Umum Fokuswanda. Apa saja kegiatan Endang di Fokuswanda?

Forum Komunikasi Dermawan Darah 75-100 Indonesia Emas atau lazim disingkat Fokuswanda adalah wadah komunikasi dan aspirasi para dermawan darah. Mereka telah menyumbangkan darah bersih minimal 75 kali bersifat independen dan tidak berafiliasi kepada partai politik.

“Fokuswanda wadah sosial. Ini juga sebagai wadah aspirasi pendonor darah lebih 100 kali di Tanah Air. Kami pemegang penghargaan dari presiden berupa Satyalencana

universitas-nusa-bangsa

Kebhaktian Sosial Bidang Kemanusiaan,” ujarnya kepada Radar Cibubur, kemarin (31/7).

Istri dari mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) era Presiden BJ Habibie, Letjen Pur Syarwan Hamid, ini menjelaskan, Fokuswanda bermitra dengan Palang Merah

Indonesia (PMI) sebagai motivator untuk merekrut pendonor darah pemula di Tanah Air.

“Jumlah anggota Fokuswanda di Tanah Air sekarang ada sekitar 5.000 orang. Tidak banyak para pendonor darah lebih dari seratus kali, diperkirakan hanya 25.000 orang. Sementara, jumlah pendonor darah reguler, menurut data UTDP PMI lebih kurang sejuta orang dari 250 juta penduduk Indonesia,” urainya.

Wanita kelahiran Malang, 17 Agustus 1949, ini berniat terus menyosialisasikan pentingnya donor darah sejak dini. Terutama kesehatan tubuh, donor darah akan
meminimalisasi remaja Indonesia jauh dari bahaya narkoba dan obat terlarang.

Dalam waktu dekat ini, kata Endang, Fokuswanda akan membantu PMI menambah jumlah pasokan kantong darah sekitar 5–7 juta selama setahun. Fokuswanda akan mengukuhkan Blood Center, sebuah inovasi pusat data dalam rangka memenuhi kebutuhan permintaan darah yang bersifat darurat karena menipisnya stok darah di Unit Donor Darah PMI.(dka/c)

bozzfoods frozen foods