Beranda Metropolis Tujuh Bulan, 42 Kali Kebakaran

Tujuh Bulan, 42 Kali Kebakaran

BOGOR– Tingkat kelalaian masyarakat Kota Bogor masih terbilang tinggi. Tak jarang, kelalaian tersebut membawa petaka. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, terhitung sejak awal tahun, sedikitnya ada 42 peristiwa kebakaran yang mayoritas terjadi karena kelalaian manusia.

Kepala BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan menjelaskan bahwa kejadian kebakaran mayoritas terjadi di permukiman warga yang padat penduduk. Jumlahnya mencapai 29 peristiwa kebakaran. “Sebagian besar akibat hubungan arus pendek listrik plus kelalaian. Misalnya, kios bensin, dagang bensin sambil ngerokok, ya akhirnya terjadi kebakaran,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (30/7).

Terakhir, peristiwa kebakaran terjadi pada dapur The Mirah Hotel Bogor Jalan Pajajaran, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Sabtu malam (30/7). Kanit Reskrim Polsek Bogor Tengah AKP Supriatna mengungkapkan, dugaan sementara penyebab kebarakan berasal dari kompor gas. “Keterangan sementara dari salah seorang chef di bagian dapur, api berasal dari kompor gas,” ungkapnya.

universitas nusa bangsa unb

Atas peristiwa tersebut, pengunjung hotel sempat lari berhamburan untuk menyelamat­kan diri. Meski tidak memakan korban, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 21.30 itu sempat menjadi tontonan para pengen­dara yang melintas di Jalan Pajajaran. “Kalau api sih gak lihat, cuma bau-bau asap, terus orang sebelah bilang ada kebakaran. Pas keluar sudah banyak mobil pemadam kebakaran,” kata salah satu pengunjung bernama Anita.

Sedikitnya ada enam unit mobil pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Bogor yang dikerahkan ke lokasi kejadian. Api pun dapat dipadamkan setelah beberapa menit mobil pemadam kebakaran menyem­burkan air.(rp1/c)