25 radar bogor

PKB Usung Cak Imin Cawapres

JAKARTA– Meski belum menentukan koalisi di 2019 mendatang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah mencanangkan target yang jelas. Misinya, adalah mengantarkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin ke kursi wakil presiden.

Wakil Sekjen PKB Maman Imanulhaq mengatakan, mengusung calon wakil presiden merupakan pilihan yang moderat. Mengingat suara PKB dalam Pemilu 2014 lalu tidak lebih dari 10 persen. Terkait munculnya nama Cak Imin sendiri, Maman menyebut jika itu merupakan suara yang datang dari daerah, tak terkecuali sejumlah ulama Nahdlatul Ulama (NU).

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, pendeklarasian resminya hanya menunggu waktu. “Di beberapa daerah kita sudah lakukan itu (deklarasi). Tinggal di beberapa daerah kita lakukan keputusan untuk tingkat pusat di DPP,” ujarnya usai diskusi di D’Hotel, Jakarta, kemarin (30/7).

Terkait alasannya, pria kelahiran Sumedang itu menilai karier dan pengalaman politik Cak Imin sudah cukup mumpuni. Mulai dari posisi wakil ketua DPR di level legislatif, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) di ranah eksekutif, hingga memimpin PKB menjadi partai yang solid. “Ketimbang Golkar atau PPP yang punya konflik dan sebagainya,” imbuhnya.

Lantas, apakah itu sinyal agar disandingkan dengan Jokowi? Menanggapi hal tersebut, Maman mengaku belum bisa memastikan. Sebab hingga saat ini, partainya secara kelembagaan belum menentukan sikap politiknya.

Meski demikian, dia tidak menutup kemungkinan tersebut. Pasalnya, kata Maman, posisi Cak Imin sebagai pendamping Jokowi ke depan bisa menguntungkan. Khususnya dalam merangkul umat islam. Seperti diketahui bersama, isu yang menyebut pemerintah saat ini anti dengan islam sangat menguat. (far/lum)