Beranda Kuliner Main Course Berbahan Buah-buahan Segar

Main Course Berbahan Buah-buahan Segar

ADA tiga menu main course ala Tiongkok kreasi Goh yang melibatkan buah-buahan sebagai elemen utama. Yakni, crispy shredded duck with seasonal fresh fruits and almond in homemade sauce, deep-fried prawns meatballs tossed in wasabi mayonnaise with seasonal fresh fruits, serta oven baked salmon fillet with seasonal fresh fruits and mashed potato in champagne lemon sauce.

Dari namanya, kita bisa menebak ada mangga, lemon, stroberi, dan melon di menu-menu tersebut. Mereka dipadukan dengan bahan utama berupa ikan salmon, bebek, dan udang. Goh menjelaskan, buah-buahan segar dapat menetralkan kandungan kolesterol dan lemak dari daging.

’’Seperti makan buah dan daging secara bersamaan. Chinese food kan biasanya punya sedikit rasa oily. Nah, itu bisa dinetralkan buah segar,’’ kata Chinese executive chef Shangri-La Hotel Surabaya tersebut.

universitas ibn khaldun uika bogor

Buah apa pun, kata Goh, dapat diolah menjadi main course. Asalkan, rasa asam dan manisnya pas. Sebab, rasa asam manis bisa memunculkan sensasi fresh ketika makanan masuk ke mulut. Contoh buah lain yang dapat diolah menjadi main course adalah nanas, jeruk, dan stroberi. ’’Kalau rasanya hanya manis, kurang enak,’’ ujarnya.

Sensasi segarnya asam dan tekstur crunchy dari buah tentu membuat menu itu lebih kaya rasa dan tidak membosankan. Chef yang sudah berpengalaman selama 33 tahun tersebut menuturkan, buah tidak ikut dimasak dengan daging agar tekstur dan rasa aslinya mampu dipertahankan.

’’Kalau buah ikut dimasak, kandungan vitaminnya bakal hilang. Padahal, kita nyari sehatnya juga,’’ jelas Goh. Misalnya, untuk resep crispy shredded duck with seasonal fresh fruits and almond in homemade sauce. Daging mangga muda, melon, mentimun, dan tomat hanya diiris tipis dan memanjang. Kemudian, buah-buahan tadi langsung dinikmati dengan roti pita dan daging bebek yang sudah dimasak. Begitu pula deep-fried prawns meatballs tossed in wasabi mayonnaise with seasonal fresh fruits.

Potongan stroberi dan mangga muda memberikan kejutan asam di mulut. Udang yang digoreng dengan adonan tepung maizena itu terasa lebih nikmat. Nah, sebagai pencuci mulut, Goh juga membagikan satu resep dessert. Yaitu, chilled sago cream with pomelo, mango and ice cream. ’’Menyantap buah di dalam masakan tak lagi menimbulkan rasa bersalah karena terlalu banyak makan daging,’’ tuturnya, lantas tertawa.(adn/c14/na)