Beranda Olahraga Kickers Lima Laga tanpa Penonton

Lima Laga tanpa Penonton

Gelandan Persib, Raphael Maitimo berduel dengan striker Persija Bruno Lopes

JAKARTA–Mana­jemen Persib Bandung harus siap-siap puasa pemasukan dari tiket penonton dalam sejum­lah pertandingan ke depan. Kenya­taan pahit itu harus mereka terima setelah Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan hukuman berat kepada panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib, yaitu lima pertandingan tanpa penonton.

Dari surat nomor 060/L1/SK/KD-PSSI/VII/2017, memutuskan bahwa penonton Persib dilarang menyaksikan langsung pertan­dingan tim kebanggaan mereka untuk lima kali pertan­dingan. Sanksi tersebut masing-masing belaku ketika Atep Rizal dan kawan-kawan menelan kekalahan 1-2 di kandang Perseru Serui, sore kemarin (29/7).

Nah, empat laga lainnya, berla­ng­sung di putaran kedua. Ma­sing-masing dua laga home yaitu, menjamu PS TNI (5/8) dan Gresik United (20/8) serta dua laga away dengan bertandang ke markas Arema FC (12/8), serta Sriwijaya FC (16/8).

universitas ibn khaldun uika bogor

Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin Firda­us mengatakan, sanksi itu meru­juk kepada Pasal 67 serta 11 hu­ruf (e) kode disiplin PSSI. “Kami memutuskan untuk mela­rang suporter Persib mema­suki stadion saat Persib bermain sebanyak lima pertandingan,” kata Asep. “Semoga keputusan kami ini bisa menjadi efek jerah dan semua pihak bisa sadar dan tidak lagi mengulangi perbuatan mereka,” tambahnya.

Sanksi berat itu adalah dampak dari lengahnya panpep Persib menjaga keamanan tim lawan saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 22 Juli lalu. Selain sanksi tersebut, salah satu stoper terbaik mereka, Vladimir Vudjovic juga dihukum larangan dua pertandingan.

 

Sanksi Vladimir itu masing-masing saat melawan Perseru dan ketika mereka menjamu PS TNI, 5 Agustus nanti. Vudjovic dihu­kum lantaran terbukti me­nam­par wajah pemain Persija Ismed Sofyan dalam big match itu. Sanksi larangan dua pertan­dingan itu juga berlaku bagi Ismed Sofyan.

Ketua Panpel Persib, Budhi Bram mengatakan bahwa, mereka keberatan dengan sanksi yang diberikan oleh Komdis tersebut.(ben)

Sebab, mereka sudah berusaha keras untuk menghindari adanya kejadian kekerasan dalam laga tersebut. “Kami sudah memutuskan untuk mangajukan bandung,” kata Bram. (ben)