Beranda Bogor Raya MTs Asnawiyah Laksanakan Akreditasi Gudep

MTs Asnawiyah Laksanakan Akreditasi Gudep

STANDARISASI: Tim Gudep Pramuka MTs Asnawiyah yang banyak mencetak prestasi. Salah satu kegiatan mereka saat lomba

GUNUNGPUTRI–Madrasah Tsanawiyah (MTs) Asnawiyah yang berlokasi di Jalan Penghayatan, Sanding II, Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri Bogor, melaksanakan akreditasi gugus depan (gudep), Kamis (27/7).

Kepala Gudep Putra Mts Asnawiyah, Mustopa menuturkan, akreditasi gudep adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Gerakan Pramuka terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Akreditasi gudep dilakukan tim asesor yang terdiri atas unsur-unsur yang memahami hakikat pengelolaan gudep. “Mutu pendidikan didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para asesor. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh gudep yang diakreditasi, diverifikasi melalui visitasi tim asesor ke gudep,” jelasnya kepada Radar Bogor.

wisuda unpak bogor

Tujuan dan manfaat akreditasi, lanjut Mustopa, yakni menjamin gudep telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan Kwartir Nasional, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar. Selain itu, memotivasi gudep untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Memanfaatkan hasil akreditasi sebagai dasar pertimbangan dalam proses pembinaan dan pengakuan dari kwartir. “Alhamdulillah anak didik kami dalam ekstrakurikuler Pramuka telah meraih beberapa prestasi,” ujarnya.

Tahun 2014, lanjutnya, juara 1 jumpa penggalang putri, juara 1 menara pandang putra dan putri, juara 2 joget komando putra, juara 2 ketangkasan baris berbaris putra, juara 3 lomba cepat tepat putri, juara 1 LKBBT tingkat smp/MTs, dan juara umum putra pada Jambore Ranting.

Tahun 2015 juara 1 lomba koloni putri, juara 1 PPGD dan tandu putra, juara 2 cepat tepat putri, dll. “Kami berharap ke depan kami lebih baik, maju, lebih berprestasi” terangnya.(*)