Beranda Ekonomi Intermediasi Permudah Akses Modal

Intermediasi Permudah Akses Modal

KERJA SAMA: BPR Bank Pasar Kota Bogor bersama Dinas Koperasi dan UMKM usai intermediasi koperasi dengan lembaga keuangan.

BOGOR–Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kota Bogor bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor bekerja sama dengan koperasi melakukan intermediasi dan literasi keuangan di Graha Pool Jalan Merdeka, Bogor. Kegiatan tersebut dilakukan karena menyadari permasalahan utama yang dihadapi UMKM dan Koperasi di Kota Bogor dalam pengembangan dan inovasi usahanya adalah sulitnya akses permodalan.

Kepala Satuan Pengawas Internal BPR Bank Pasar Kota Bogor, Bambang Sulistyo mengatakan, kegiatan tersebut bisa menggerakkan roda sektor perekonomian daerah khususnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah. “Kami menawarkan beberapa fitur kredit modal kerja dan konsep kerja sama,” kata Bambang kepada Radar Bogor, kemarin (28/7).

Nantinya koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai peserta literasi dan intermediasi bisa memilih mana produk kredit modal kerja serta model kerja sama yang cocok dengan mereka.

universitas nusa bangsa unb

Ada pula beberapa produk kredit modal kerja yang ditawarkan PD BPR Bank Pasar Kota Bogor, di antaranya kredit peduli usaha kecil (KPUK). Kredit tersebut merupakan jenis kredit tanpa agunan dengan plafon maksimal Rp5 juta, lalu kredit pengembangan usaha masyarakat (KEPUM) atau kredit dengan jaminan dengan plafon dampai Rp1 miliar.

 

“Tidak hanya menawarkan kredit, ada juga konsep kerja sama, seperti executing. Koperasi meminjam langsung ke bank pasar dengan menggunakan jaminan koperasi, misalnya, dengan SHM/AJB, BPKB kenderaan bermotor, dan sebagainya,” jelasnya.

Penyaluran pola chanelling, kata Bambang, dilakukan koperasi kepada anggotanya. Cara lain yakni, anggota koperasi langsung meminjam ke Bank Pasar Kota Bogor dikolektif koperasi dan terdaftar sebagai anggota koperasi. Dalam hal ini, koperasi menjamin anggota koperasi yang memiliki usaha kepada bank pasar. Bambang mengaku sangat antusias saat sosialisasi intermediasi, terutama saat mendengarkan testimoni dari salah satu peserta yang sudah merasakan manfaat kerja sama dengan bank pasar.(mer/pkl1/c)