Beranda Bogor Raya Masyarakat Wajib Antisipasi DBD

Masyarakat Wajib Antisipasi DBD


SOSIALISASI: Puluhan kader posyandu megikuti sosialisasi pencegahan demam berdarah dengue (DBD) di Cigombong, kemarin.

CIGOMBONG–Sepanjang 2013 banyak penderita demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia. CIGOMBONG–Sepanjang 2013 banyak penderita demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia.

”Terdapat 112.511 penderita DBD, dengan jumlah angka kematian sebanyak 867 orang. Artinya, ada lebih dari satu orang meninggal setiap hari,” ujar Head of Fisrst Aid Drink Project of Pocari Sweat, Dwi Agustien.

Hal itu disampaikan dalam edukasi DBD, yang bekerja sama dengan Kemen­terian Kesehatan serentak di Kecamatan Ci­gombong, Kabupaten Bogor serta Cicurug, Kabupaten Sukabumi, kemarin (23/7).

universitas ibn khaldun bogor uika

Ia juga menambahkan, masya­rakat perlu mengetahui betul tentang bahaya DBD. Tujuannya, agar dapat menang­gulangi dan bisa mengurangi jumlah korban maupun penderita setiap tahunnya.  ”Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi, apabila masyarakat sudah teredukasi bagaimana cara menghindari, menang­gulangi, termasuk pertolongan pertama ketika sudah terkena DBD,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dwi menuturkan, peran kader di setiap wilayah sangat membantu dalam menanggulangi maupun memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga, pihaknya selalu berkontribusi terhadap kesehatan dengan cara turun langsung ke lapangan.

”Dengan adanya pelatihan kader posyandu bersama Pocari Sweat, diharapkan para kader semakin paham mengenai DBD. Sehingga timbul kesa­daran mengenai pentingnya memahami cara pencegahan serta penanganannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, acara serupa juga dilaksanakan Pocari Sweat di Provinsi Jawa Tengah. Untuk tahun ini, produk minuman di bawah naungan PT. Amerta Indah Otsuka itu, tetap melanjutkan upaya edukasi masyarakat tentang bahayanya DBD serta pencegahannya di Jawa Barat.(nal/c)