Beranda Metropolis Bina 100 Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan

Bina 100 Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan

PELOPOR KESELAMATAN: Sebanyak 100 pelajar Kota Bogor direkrut menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

BOGOR–Ada saja peristiwa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar Kota Hujan setiap hari. Dari data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, 50 persen kecelakaan di jalanan melibatkan pelajar. Situasi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Karenanya, Dishub Kota Bogor membina lebih dari seratus pelajar SMA/SMK se-Kota Bogor, untuk menjadi Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Kabid Angkutan pada Dishub Kota Bogor, Jimmy Hutapea mengatakan, sedianya Pelajar Pelopor Keselamatan bukanlah terobosan baru, melainkan program lama yang dimodifikasi. Sasarannya sebetulnya ke masyarakat, dengan membina siswa untuk menjadi pelopor.

”Seratus siswa ini tidak melalui pemilihan, melainkan diundang. Nanti kan ada pemilihan, semacam juaranya, untuk diperlombakan di tingkat provinsi atau nasional,” terangnya.

Seluruh Pelajar Pelopor ini, kata dia, telah melakukan berbagai kegiatan berupa aksi keselamatan berlalu lintas. Nah, dari situ ada tim yang memonitor apakah bagus atau tidak, kepemimpinannya seperti apa. “Jadi, mereka kami monitoring untuk dipilih siapa yang terbaik dari 100 orang itu. Pasti ada 1, 2 dan 3, walaupun nanti pasti punya ranking 10 besar, disesuaikan dengan kebutuhan,” tambahnya.

Jimmy menjelaskan, mimpi Dishub memiliki pelajar pelopor keselamatan yang nantinya seperti Pramuka dan PMR, yang selalu siap kapan pun dibutuhkan.

”Jadi, tujuan kami bukan untuk mencari juara-juaraan. Lebih ke pembinaan, kapan pun mereka punya waktu atau ada kegiatan untuk menjangkau pemuda Kota Bogor. Yang jelas, ada beberapa program yang akan melibatkan mereka,” terangnya.(wil/c)