Beranda Bogor Raya Berdayakan Pemuda lewat Karang Taruna

Berdayakan Pemuda lewat Karang Taruna


ORMAS KEPEMUDAAN: Karang Taruna Kecama­tan Gunungputri resmi menunjuk Udin Saputra sebagai ketua, kemarin.

GUNUNGPUTRI–Organisasi Karang Taruna tingkat Kecama­tan Gunungputri kini memiliki ketua baru. Kemarin, Udin Saputra terpilih secara aklamasi dalam acara Temu Karya Karang Taruna Gunungputri di lapangan Desa Bojongkulur.

“Wadah Karang Taruna ini akan saya gerakkan mengarah pada pemberdayaan pemuda,” ujar Udin kepada Radar Bogor, kemarin (26/7). Menurutnya, pemuda sebagai generasi bangsa harus aktif berkontribusi pada masyarakat.

Makanya, lembaga pemuda ini harus memiliki peran strategis untuk menstimulus. “Ketika kegiatan yang kita susun memberikan manfaat buat masyarakat dan para pemuda tentu­nya akan menjadi stimulus,” ucapnya.

universitas nusa bangsa unb

Dia berharap, ke depannya para pemuda Gunungputri dapat bersinergis dengan program kecamatan dan Pem­kab Bogor. Sehingga, peng­ala­man itu mampu membentuk karakter kepemim­pinan para pemuda.

“Bagaimanapun, pemuda adalah penerus bangsa. Tentu karakter kepemimpinan harus dibentuk sejak dini,” ucapnya. Terpisah, Camat Gunungputri Juanda berharap, karang taruna mampu eksis dalam kegiatan masyarakat.

Sehingga, wadah kepemudaan ini mampu memperbaiki image negatif para pemuda. “Saat ini pemuda sering disandingkan dengan image negatif. Lewat organisasi ini, semoga bisa menyuburkan para pemuda untuk hal positif. Sehingga, image negatif itu bisa hilang,” harapnya.

Menurutnya, salah satu solusi menyele­saikan persoalan pemuda adalah memaksimalisasi fungsi organisasi kepemudaan. “Saat ini wadah negatif seperti geng motor sudah banyak. Makanya, karang taruna harus bisa menjawabnya dengan terobosan program kerja,” sarannya.(azi/c)