Beranda Berita Utama Vihara Berusia Seabad Ludes Terbakar

Vihara Berusia Seabad Ludes Terbakar

BERBENAH: Pengurus
Vihara Babakan Madang, Kabupaten Bogor, bersama warga membersihkan puing-puing bekas kebakaran kemarin (25/7).

BOGOR–Vihara Bio Dewa Rejeki di Kampung Babakan Jengkol RT 01/01, Desa Babakan Madang, Kecamatan Babakan Madang, dini hari kemarin (25/7) ludes terbakar. Api yang diduga berasal dari korsleting listrik, cepat menyambar atap plastik tempat ibadah umat Buddha tersebut.

“Untungnya pemadam cepat datang, api belum menjalar ke mana-mana,” tutur pengurus Vihara Bio Dewa Rejeki, Arief Widjaja kepada Radar Bogor.

Api, kata Arief, pertama diketahui sekitar pukul 01.00 WIB. Awalnya ia mencoba memadamkan menggunakan alat seadanya, namun atap berbahan plastik membuat upaya tersebut sulit dilakukan. Arief kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran.

universitas pakuan unpak

“Kayaknya percikan api jatuh kena atap plastik. Sebelum kebakaran, pelataran sudah dibersihkan karena baru selesai digunakan sembahyang. Anehnya, api hanya membakar pelataran di luar, tidak masuk ke dalam ruang sembahyang,” ujarnya.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Arief memprediksi, kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi, nilai bangunan tersebut yang bersejarah dan dibangun sejak 100 tahun silam. “Itu bangunan lama, tak ternilai harganya. Lahannya juga tidak besar, hanya sekitar 5 x 7 meter,” tukasnya.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Cibinong Hendra Kurniawan menurunkan dua unit mobil pemadam berukuran sedang, serta delapan petugas untuk memadamkan api. “Kurang lebih sekitar satu jam api berhasil dipadamkan. Karena kebakarannya kecil tidak terlalu besar,” pungkasnya.

Pantauan Radar Bogor, saat ini aktivitas sembahyang pun berjalan normal tidak terganggu. Namun petugas vihara masih membersihkan puing-puing sisa kebakaran karena dikhawatirkan material yang terbakar dapat menimbulkan korban.(rp2/c)