Beranda Bogor Raya Sanggar Tari Milenia di Cana­dian Broadway Pertahankan Tari Tradisional

Sanggar Tari Milenia di Cana­dian Broadway Pertahankan Tari Tradisional

TRADISIONAL: Ibu-ibu warga Kota Wisata Cibubur, foto bersama usai mempelajari tari tradisional di Sanggar Tari Milenia di Canadian Broadway, Kota Wisata Cibubur.

CIBUBUR–Tari tradisional tak boleh kalah dengan tari modern. Apalagi, Indo­ne­sia memiliki banyak tari tradisional. Di zaman sekarang, cukup sulit mencari para pencinta tari–tari tradisional khas Indonesia.
Untungnya, Sanggar Tari Milenia di Cana­dian Broadway Kota Wisata Cibubur masih memiliki keteguhan hati mem­pertahankan seni tari tradisional Indonesia.

“Waktu berdiri 2009, kami baru buka pertama kali kelas tari Bali untuk anak-anak. Waktu itu muridnya baru empat orang. Lanjut di 2014 ada tari kreasi dan senam bulan belakangan ini mengem­bangkan tari Jawa,” kata pemilik Sanggar Tari Milenia, Tita Sukmawati.

Dia bercerita, pada dasarnya anak–anak dan remaja saat ini banyak yang lebih memilih modern dance. Namun, seiring berjalannya waktu, kini sanggar tari miliknya sudah diisi 70 lebih murid di setiap kelas.

“Kami di sini latihan satu minggu full dari Senin sampai Sabtu di jadwal–jadwal tertentu. Minat tari tradisional akhir–akhir ini memang mulai merangkak naik, khususnya di Kota Wisata dan sekitarnya. Mulai ada motivasi untuk itu,” lanjut Tita.

Selain tari tradisional, ada juga kursus bahasa Jepang dan Manga. Kebanyakan yang datang ke sanggarnya dari kalangan ibu–ibu dan remaja putri. “Kami sudah banyak perform. Tahun ini, insya Allah kami akan perform di Eropa untuk tari Bali dan tari Jawa di Solo,” jelasnya.

“Kami kan hidup di lingkungan yang penuh dengan budaya. Menyerap budaya asing boleh saja, tapi tetap jiwa kita adalah jiwa Indonesia, tradisional jangan sama sekali dihilangkan,” pesannya.(dka/c)