Beranda Metropolis Rawat Kulit Pakai Buah

Rawat Kulit Pakai Buah

KAYA VITAMIN: Naya Alvina menikmati body scrub dengan menggunakan sari buah naga merah. Tak perlu risau tubuh menjadi merah akibat lulur ini.

Perawatan wajah dan tubuh perempuan untuk menambah kecantikan semakin banyak alternatif. Salah satunya dengan spa buah. Treatment tersebut punya keunggulan tidak perlu menggunakan bermacam-macam krim. Spa buah juga bisa menjadi terapi pelepas stres.

Menurut dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala SpKK, sejak zaman dahulu buah sudah banyak digunakan untuk merawat wajah dan tubuh, sebab terdapat kandungan alfa hidroxy acid pada buah yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. “Semisal citric acid yang berasal dari buah jeruk atau lemon, glicolic acid dari sari tebu, malic acid dari apel, tartaric acid dari anggur,” kata dr Galih.

Bahan-bahan tersebut, dikatakan dr Galih, berfungsi sebagai exfoliant yang memutus ikatan sel-sel epidermis sehingga sel-sel kulit mati mengelupas lebih baik dan merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga mengurangi kerutan.

universitas nusa bangsa bogor

Namun, imbuh dr Galih, kandungan AHA dalam buah tersebut sangat rendah sehingga untuk mencapai hasil membutuhkan waktu yang lama. “Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal dapat melakukan peeling kimiawi,” anjurnya.

Ya, selain enak dimakan, khasiat buah-buahan juga bikin cantik saat ekstrak buah-buahan dibalurkan ke tubuh (body spa). Jenisnya beragam, menyesuaikan karakter kulit. Ada tiga buah yang menjadi contoh. Yakni, buah naga, anggur, dan mangga. Pada anggur, yang dipakai adalah sari buah.

Jangan dibayangkan sari anggur itu berupa wine. Buah anggur yang dipetik dari pohonnya langsung diproses. Setelah itu, sarinya diambil. Menyisakan kulit sebagai ampas. Sari buah anggur dalam bentuk bubuk digunakan sebagai bahan lulur oleh Steffi Yudanto. Dia mengaku kulitnya termasuk jenis kering. Sari anggur dipercaya bisa mengembalikan kekenyalan kulit. ”Aromanya juga saya suka,” ungkap Steffi.

Dia rutin luluran setidaknya sekali dalam sepekan. Banyak manfaat yang diperolehnya setelah memilih lulur buah anggur. Selain kulit kembali kencang, aroma anggur berguna sebagai relaksasi. Pikiran yang jenuh akibat kerja seharian, lanjut dia, bisa kembali segar. ”Jadi semangat lagi buat kembali kerja esok hari,” kata perempuan 25 tahun tersebut.

Sementara itu, pakar kecantikan Selvia Cory Nataline menjelaskan, anggur menjadi salah satu buah yang dipilih perempuan untuk lulur. Sepaket, lulur buah anggur itu bisa digunakan untuk memanjakan kulit tubuh.

Mulai bagian punggung hingga kaki. Bahan yang digunakan murni berasal dari sari buah anggur. Jadi, menurut dia, lulur buah anggur dapat digunakan perempuan usia berapa pun. Selain anggur, ada ekstrak buah naga merah. Buah dari jenis kaktus bermarga hylocereus dan selenicereus tersebut kaya vitamin.

Untuk mempraktikkan penggunaan buah naga sebagai bahan lulur tubuh cukup sederhana. Dia biasanya menggunakan buah naga merah yang telah dilembutkan. Buah naga itu lantas dicampur dengan body scrub. Setelah itu, dia mengoleskan adonan ke seluruh bagian tubuh.
Tidak perlu khawatir dengan bekas yang ditinggalkan setelah luluran. Adonan buah naga didiamkan selama dua jam. Itu akan menjadi bentuk kering. Jadi, mudah diangkat. ”Bersihkan dengan air hangat biar cepat hilang bekasnya,” jelasnya.

Perawatan kulit dengan mangga juga bisa menjadi pilihan. Buah tropis nan harum itu membuat banyak orang tergiur untuk melahapnya. Bayangkan saja, potongan buah mangga dingin ketika siang rasanya cocok untuk mengusir dahaga. Meski tak bisa dikonsumsi, bahan spa mangga sanggup mengusir letih dan membuat badan menjadi lebih segar.

Selain itu, mangga juga bermanfaat menyembuhkan jerawat dan mengatasi kulit terbakar sinar matahari. Saat pengaplikasian scrub, terlebih dahulu mengelap kulit dengan kain basah hangat. Setelah itu, membalurkan scrub dengan sedikit menggosoknya untuk mengangkat sel kulit mati. Gerakan memutar saat menggosok bertujuan meratakan dan membersihkan kulit lebih optimal.

Scrub dibalurkan ke bagian tubuh, mulai kaki, tangan, punggung, hingga dada. Saat dibalurkan, aroma segar mangga bercampur aromaterapi memenuhi ruangan.
Setelah itu, scrub dibiarkan kering, kemudian dibilas. Tindakan berikutnya, pengolesan masker yang juga terbuat dari campuran buah mangga, minyak zaitun, dan berbagai bahan alami lain. Perawatan bisa ditutup dengan minum segelas jus mangga dingin.(wil/ind/*)