Beranda Uncategorized Alokasi DD Harus Transparan

Alokasi DD Harus Transparan

CIGOMBONG–Sekretaris Camat  (Sekcam) Cigombong Fikri Ikhsani angkat bicara perihal pengalokasian dana desa (DD), terutama di wilayahnya. Menurut dia, transparansi kepada masyarakat ihwal penggunaan DD amat penting. Terlebih,  salah satu proyek milik Desa Cigombong belum dipasangi papan keterangan pembangunan jalan. CIGOMBONG–Sekretaris Camat  (Sekcam) Cigombong Fikri Ikhsani angkat bicara perihal pengalokasian dana desa (DD), terutama di wilayahnya.

Menurut dia, transparansi kepada masyarakat ihwal penggunaan DD amat penting. Terlebih,  salah satu proyek milik Desa Cigombong belum dipasangi papan keterangan pembangunan jalan.

Saat ini, DD dialokasikan pada pembangunan jalan sepanjang 370 meter dengan lebar 3 meter di RT 01/01,  termasuk pembangunan turap. Namun sayang, papan proyek tidak dipasang dan jadi sorotan publik.  Fikri menjelaskan, pihaknya langsung mendatangi pihak desa dan menyarankan agar kepala desa segera memasang papan proyek. ”Itu wajib dipasang, supaya jelas agar warga mengerti. Kalau tidak ada, saya akan tegur,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (24/7).

universitas pakuan unpak

Ia juga mengaku, jika transparansi dalam pengelolaan DD sudah diatur.  ”Kami akan terus memonitoring (keterbukaan, red), dan ada beberapa yang belum memasang papan proyek,” tukasnya.  Sementara itu, Kepala Desa Cigombong Ujang Saepulloh mengungkapkan, DD  sudah seharusnya dialokasikan sepenuhnya untuk kepentingan program yang telah disepakati bersama.

”Saat ini pengawasannya sangat ketat, untuk itu kami tidak berani menggunakan sepeser pun DD di luar kepentingan program tersebut,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, sudah menugaskan pengelola proyek untuk memasang papan anggaran. ”Besok (hari ini, red) sudah terpampang papan proyeknya. Soalnya masih belum jadi. Mudah-mudahan sudah selesai dan langsung dipasang,” pungkasnya.(nal/c)