Beranda Metropolis Sensasi Kongko ala Obama

Sensasi Kongko ala Obama

DIMUSEUMKAN:
Tempat duduk
Presiden Joko
Widodo menjamu
Obama menjadi
tempat spot foto
yang paling diburu
oleh pengunjung.

BOGOR–Grand Garden Cafe mendadak tenar. Kafe yang berlokasi di dalam Kebun Raya Bogor (KRB) itu, memang mendapat keistimewaan karena dipilih sebagai tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamu mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Jika Anda terlupa, Grand Garden Cafe sedianya dulu bernama Kafe Dedaunan, tapi sudah berganti nama sejak 2014.

Grand Garden Cafe lebih dari sekadar kafe yang menyajikan makanan lezat. Tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang syahdu, khususnya di area outdoor. Hamparan taman luas berwarna hijau tersaji sejauh mata memandang. Taman itu adalah Taman Ratu Astrid. “Taman Astrid dibuat Belanda untuk menyambut Ratu Astrid yang akan mengunjungi Bogor,” ujar Marketing Grand Garden Cafe, Ryan Novriansyah.

Ratu Astrid berasal dari Belgia, dia dikenal berparas cantik. Belanda membuatkan taman ini untuk dia pada 1929. Seperti wajahnya, taman Ratu Astrid juga cantik, ada kolam berisi Veronica Amazonica (teratai raksasa).

Ryan menjelaskan, konsep kafe ini masih restoran dengan taman terbuka (garden dining). Jika ingin di dalam, kata dia, pengunjung bisa melihat tempat duduk yang digunakan oleh Presiden Jokowi dan Obama. “Kalau menu makanan kami masih menonjolkan yang tradisional. Seperti nasi timbel, ayam bakar taliwang, gurame goreng, sop buntut. Tapi western-nya juga ada, seperti steak, pasta, spageti, mexican food juga ada. Selain itu, dilengkapi dengan chinese food dan japanese food,” jelas Ryan.

Kafe seluas 500 meter persegi ini terbagi dua, di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Meskipun makan di dalam, tak perlu khawatir. Ruangan tersebut tak memiliki sekat atau kaca, hanya berupa pagar sebatas pinggang, sehingga pengunjung tetap bisa melihat pemandangan taman yang indah.

Lebih lanjut Ryan mengatakan, setelah kedatangan Obama, sedikit banyak menambah traffic konsumen Grand Garden Cafe. Tiap konsumen yang datang selalu bertanya, apa yang dimakan Obama dan Presiden Jokowi, serta di mana mereka duduk saat itu. “Awalnya kan Obama dan Presiden Jokowi duduk di area luar, tapi karena mendadak hujan, jadi berpindah di area dalam. Nah, kursi dan meja yang mereka duduki, sesuai arahan owner kami, kemudian dimuseumkan. Lantas disimpan di bagian tengah kafe sebagai kenang-kenangan. Konsumen bebas berfoto di spot khusus itu, tapi kalau untuk makan atau lainnya, tidak boleh,” katanya.

Dikatakan Ryan, ada beberapa menu yang khusus disajikan Grand Garden Cafe yang kesemuanya tak lupa dicicipi oleh Obama maupun Jokowi. Semisalnya, nasi
goreng kampung, asinan bogor, sate ayam, dan es cendol. “Tapi, ada dua menu yang bukan dari Grand Garden Cafe, khusus diminta oleh Presiden, yakni bakso dan serabi. Kalau Presdien Jokowi sudah sering berkunjung, biasanya pas sore, sekadar ngopi sambil makan snack, enggak pernah main course,” kata dia lagi.

Berkapasitas 500 seat indoor juga outdoor, tiap harinya Grand Garden Cafe buka sedari pukul 09.00 hingga 23.00, khusus di akhir pekan hingga pukul 24.00. Soal harga, makanan range mulai Rp25 ribu hingga Rp125 ribu, sedangkan minuman Rp7 ribu hingga Rp550 ribu. “Selain Obama, juga pernah datang Ratu Belgia. Ketika King Salman datang juga tadinya mau ke kafe, tapi kan hujan besar, akhirnya enggak jadi,” tandasnya.(wil/c)