Beranda Metropolis Ngumbah Tugu Kujang Berakhir

Ngumbah Tugu Kujang Berakhir

BERAKHIR: Ngumbah Tugu
Kujang yang dilaksanakan selama
empat hari akhirnya ditutup,
kemarin (20/7).

BOGOR–Empat hari sudah Tugu Kujang dibersihkan. Kemarin (20/7) sore merupakan penutupan kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin (17/7) tersebut. Meski sempat diwarnai
hujan, rentetan seremoni penutupan Ngumbah Tugu Kujang sukses dilaksanakan. Ketua Harian Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor, Arifin Himawan mengatakan, turunnya
hujan sebagai tanda penutupan rangkaian pelaksanaan Ngumbah Tugu Kujang. “Rupanya alam bersahabat, hujannya berhenti dan kami lakukan pembersihan Tugu Kujang ini. Jadi dibersihkan sekaligus oleh alam,” jelasnya kepada Radar Bogor di lokasi.

Kegiatan selanjutnya, kata dia, bakal dilakukan pawai obor. Rencananya, kegiatan akan
dilaksanakan pada 29 Juli mendatang, bertepatan dengan malam Minggu. Ketua Panitia Ngumbah Kujang Cecep Thoriq menambahkan, Tugu Kujang merupakan ikon Kota Bogor, jadi tentunya harus dirawat dan dipelihara. Oleh karena itu, pihaknya rutin setiap tahun melakukannya.
Sebelum dilakukan pencucian, acara diawali dengan prosesi pengambilan tujuh mata air, salah satunya dari mata air Cikahuripan yang berada di Kebun Raya Bogor. Air ini, menurut Thoriq, digunakan oleh para putri untuk mandi. “Selanjutnya air itulah yang kita gunakan untuk simbol pencucian Tugu Kujang,” tuturnya.(rp1/c)