Beranda Uncategorized Karakter Siswa Dibangun sejak Dini

Karakter Siswa Dibangun sejak Dini

 

KEMANG–Ratusan peserta didik baru SMK Penerbangan Angkasa melaksanakan masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS). Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dinamika kelompok dengan tujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter siswa.

Para siswa baru SMK Penerbangan Angkasa Bogor berlarian kocar-kacir, tarik-menarik, dan berusaha masuk dalam setiap kelompok, ketika pembentukan kelompok dilakukan dengan cara menyebutkan angka dan para siswa harus berkumpul menjadi satu kelompok sesuai jumlah yang ditentukan.

Demikian juga ketika para siswa harus mencari balokbalok kayu kecil yang disebarkan di sekitar halaman sekolah untuk kepentingan membuat sebuah kerangka bangunan oleh setiap kelompok. Hal yang menarik dari permainan tersebut juga adalah ketika para siswa harus memindahkan air dengan cara saling kerja sama mengalirkan air melalui potongan-potongan plastik yang telah disiapkan.

universitas pakuan unpak

Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana SMK Penerbangan Angkasa Mayor Tek M. Fazry mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dalam dinamika kelompok ini merupakan kegiatan psikologi lapangan. “Yakni berupa berbagai permainan yang membangun jiwa kepemimpinan, loyalitas, kerja sama dan saling peduli di antara para siswa,” ujarnya.

Seperti Kepala Perawatan Umum (Kawatum) Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja, Mayor Kes Jamas Rahadi. Ia merupakan seorang perwira kesehatan, tapi memiliki kemampuan psikologi lapangan, memimpin dan melaksanakan dinamika kelompok tersebut.

“Dari berbagai permainan yang dilaksanakan ini akan membuat kita secara sepintas dapat mengetahui bakat dan karakter para siswa sehingga memudahkan juga dalam proses pembinaan,” terangnya.(*/rur)

caption: BINA SISWA BARU: Mayor Kes Jamas Rahadi memimpin pelaksanaan kegiatan dinamika kelompok untuk siswa baru SMK Penerbangan Angkasa Lanud Atang Sendjaja Bogor, Rabu (19/7).