Beranda Bogor Raya Kelola Sampah demi Cimande Bersih

Kelola Sampah demi Cimande Bersih

BEBERSIH: Petugas kebersihan Desa Cimande Jaya mengangkut sampah di salah satu kampung.

CARINGIN–Kepala desa sangat berperan aktif menciptakan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dari sampah. Seperti yang dilakukan Kades Cimande Jaya Joe Sudrajat. Meski belum lama menjabat, ia melakukan terobosan di bidang lingkungan. Yakni membentuk tim pengelolaan sampah, di samping membangun tempat pembuangan sampah desa (TPSD).

Tak sampai di situ, Joe juga menggandeng pasukan kebersihan, lengkap dengan mendatangkan truk sampah skala besar. ”Ah ini biasa saja. Semua masyarakat dilibatkan gotong-royong. Saya hanya ingin (visi) menuju Cimande bersih,” cetusnya kepada Radar Bogor, kemarin (19/7).

Joe mengatakan, pemerintah desa menargetkan Program Cimande Bersih rampung di akhir 2017 ini. Untuk mempercepat realisasinya, ia membentuk kelompok swadaya masyarakat untuk pengelolaan sampah.

universitas ibn khaldun uika bogor

Dalam waktu dekat ini, tambahnya, para warga juga akan belajar langsung bagaimana mengelola sampah lingkungan. Seperti menyambangi langsung ke salah satu desa yang berhasil mengelola sampah sampai menjadi BUMDes yang berada di Citarik, Kecamatan Citarik, Kabupaten Sukabumi. “Kebetulan ada yang hibahkan lahan 200 meter persegi. Sehingga kami perlu belajar bagaimana dalam mengelola sampah,” tuturnya.

Joe juga berharap, Pemkab Bogor melalui dinas terkait, dapat mendorong program bersih lingkungan. Di antaranya dengan memberi pembinaan dan pelatihan bagi warga. (don/b)