Beranda Bogor Raya 1,29 Juta Warga Fakir Miskin

1,29 Juta Warga Fakir Miskin

CIBINONG–-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor mengajukan penambahan anggaran untuk menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Amin Sugandi mengatakan, mene­ rima ajuan anggaran dari Dinsos sebesar Rp30 miliar untuk belanja langsung dan tidak langsung.

Sebab, kata dia, pada APBD 2017 untuk penanganan PMKS sebesar Rp6 miliar, dan turun dari tahun sebelumnya Rp11 miliar. Lebih lanjut ia mengatakan, ajuan tersebut masih sementara menunggu hasil pembahasan di Badan Anggaran (Banggar).

Namun, sambung dia, penanganan PMKS harus menjadi prioritas karena menjadi tema utama dalam pembangunan Pemkab Bogor tahun depan. “Kami juga di komisi mau tahu program apa saja yang dimiliki dinas dan dilihat efektivitasnya terhadap masyarakat sejauh mana,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (17/7).

Dari Rp30 miliar yang diajukan, sambung Amin, Rp22 miliar di antaranya merupakan belanja langsung Dinsos. Sementara, untuk pos penanggulangan PMKS sekitar Rp10,8 miliar.

“Kalau ini disetujui berarti ada peningkatan. Tetap kami harapkan pemerintah daerah konsisten menangani masyarakat dan PMKS,” tuturnya.

Kepala Dinsos Kabupaten Bogor, Roy Khaerudin mengatakan, hingga April 2017 PMKS lebih dari 27 ribu orang. Jumlah tersebut, belum ditambah dengan fakir miskin yang jumlahnya hingga 1,29 juta orang. “Kami pun kesulitan dalam penanggulangan karena anggaran yang tersedia turun,” akunya.

Ia menambahkan, pihaknya pun mesti mengakali minimnya anggaran dengan mengurangi sasaran PMKS. Misal, jika tahun lalu ada yang mendapat bantuan, tahun ini tidak. (rp2/c)