Beranda Bogor Raya Barat Utara Tiket Pabangbon Kemahalan

Tiket Pabangbon Kemahalan

INDAH: Pemandangan alam di Pabangbon menarik minat pengunjung dari berbagai kota.

LEUWILIANG–Wisata Pabangbon, Desa Pabangbon, Kecamatan Leuw iliang, menjadi destinasi yang nge-hits di Kabupaten Bogor saat ini. Setiap hari, wisata alam yang menjiplak M aribaya Bandung itu terus dipenuhi pengunjung.

Namun, bagi pengunjung yang baru pertama kali berwisata ke Pabangbon harus merogoh kocek hingga R p110 ribu per orang. Hal itu karena banyaknya tiket ‘bayangan’ untuk menikmati panorama keindahan Pabangbon. Mulai dari parkir, tiket pintu masuk, hingga lokasi berswafoto.

Wartawan koran ini merasakan beberapa kali harus merogoh kantong. Setibanya di tempat parkir, langsung diminta biaya sebesar p5.000. Kemudian untuk menitipkan helm harus menyetor jumlah yang sama.

Selanjutnya saat membayar di pintu masuk dikutip Rp10 ribu per orang. Tidak sampai di situ, untuk berswafoto dibanderol Rp 10 ribu untuk satu spot. Total ada sembilan lokasi di sana. Hal ini pun dikeluhkan sejumlah pengujung. Terlebih bagi mereka yang asli warga Bogor. “Kirain cuma sekali. Eh banyak banget bayarnya. Jatuhnya mahal-mahal juga gara-gara tiket bayangan,” ujar pengunjung asal Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Irma Setiawati (17) kepada Radar Bogor, kemarin (17/7).

Pengelola Wisata Pabangbon, Imam pun tak menampiknya. Menurutnya, hal itu sudah ketentuan dari manajemen. “Apalagi untuk lokasi swafoto, itu ada tiketnya per satu tempat,” singkatnya.(all/c)