Beranda Olahraga All Sport Kumpulkan Delapan Gelar

Kumpulkan Delapan Gelar

TAMBAH GELAR: Roger Federer saat memenangi Wimbledon 2017.

LONDON–-Maestro tenis asal Swiss, Roger Federer mencatatkan sejarah besar di tanah Inggris, Minggu (16/7) malam WIB. Menjelang umur 36 tahun bulan depan, Federer m e m e l u k gelar Wimbledon kedelapan. Dia resmi menj adi kolektor terbanyak trofi Grand Slam tertua di muka bumi.

Tidak ada seleberasi berlebihan yang dilakukan Federer usai menjadi juara. Namun, tangisan harunya sesaat setelah Federer duduk di sisi lapangan usai pertandingan, sungguh punya arti begitu dalam.

”Bisa kembali tampil di Wimbledon adalah hal luar biasa. Dan kembali mengangkat trofi tanpa kehilangan satu set pun, ini adalah keajaiban.

Aku belum percaya semua ini, seperti mimpi saja. Aku masih merasa ini semua berlebihan,” kata Federer dalam sambutan kemenangannya lantas disambut tepuk riuh penonton.

Delapan gelar Wimbledon membuat Federer mengungguli legenda Amerika Serikat Pete Sampras dan William Renshaw (Inggris) yang masing-masing telah mengoleksi tujuh trofi. Tampil di hadapan 15 ribu lebih penonton yang memadati center court,Federer ampil begitu digdaya untuk menumbangkan Cilic. Petenis jangkung setinggi 198 cm asal Kroasia itu takluk hanya dalam tempo satu jam 41 menit dengan skor telak 3-6, 1-6, 4-6.

Hasil ini sekaligus membuat Federer memenangi grand slam tanpa kehilangan satu set pun, menyamai legenda terbesar Swedia Bjorn Borg yang juga bisa melakukan hal yang sama pada 1976. Trofi kedelapan Federer di Wimbledon kemarin sekaligus menjadi trofi ke-19-nya di ajang mayor. Terbanyak dalam sejarah, semakin jauh dari peringkat kedua Rafael Nadal yang mengoleksi 15 trofi.

”Aku berharap ini bukan pertandingan terakhirku di Wimbledon. Aku ingin kembali tahun depan,” ucap Federer. (irr)