Beranda Olahraga Kickers Kawinkan Dua Gelar

Kawinkan Dua Gelar

JUARA LAGI: Timnas Inggris U-19 merayakan kemenangannya pada final Liga Eropa. IST

SETELAH menjuarai Piala Dunia U-20, Inggris melengkapi prestasi tahun ini dengan menjadi kampiun Piala Eropa atau Euro U-19. Gelar juara diraih Inggris usai menang 2-1 atas Portugal di laga final di Stadion Gori, Georgia, Minggu (16/7).

Lukas Nmecha menjadi pahlawan Inggris usai golnya pada menit ke-68 menjadi penentu kemenangan atas Portugal. Sebelumnya, gol Easah Suliman pada menit ke-50 sempat dibalas melalui aksi bunuh diri Dujon Sterling enam menit berselang.

Dengan demikian, Inggris menjadi negara ketujuh yang berhasil mengangkat trofi juara Piala Eropa U-19, dan yang pertama sejak penamaan baru trofi pada 2013. Saat menyambut laga final, baik Inggris dan Portugal sebenarnya samasama dihantui potensi kegagalan pada tiga laga final.Sebelumnya, Inggris sudah gagal pada final 2005 dan 2009, sedangkan Portugal pada 2003 dan 2014.

penerimaan mahasiswa-unpak-universitas-pakuan

Namun, Inggris berhasil keluar dari ketakutan dan memenangi final ketiganya. Gelar juara dilengkapi dengan keberhasilan dua pemain Inggris, Ben Brereton dan Ryan Sessegnon, berbagi gelar top skorer dengan dua pemain lain, Joel Piroe (Belanda) dan Viktor Gyokeres (Swedia) berkat koleksi tiga gol.

Sementara itu, Spanyol yang absen pada dua gelaran terakhir Piala Eropa U-19, tetap menjadi pengoleksi gelar terbanyak dengan koleksi 7 trofi. Di bawah Spanyol, ada Prancis dengan selisih empat trofi.

Jerman menjadi satu-satunya negara yang mengoleksi lebih dari satu trofi. Inggris menyamai Italia (2003), Ukraina (2009), dan Serbia (2013).(dkw/net)